Lelah Otak, Singkirkan dengan Cara Ini

Ilustrasi Yoga
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife - Sebuah penelitian dalam British Journal Sports Medicine mengatakan bahwa kafein bukan satu-satunya jalan keluar untuk menghalau kelelahan, terutama kelelahan otak. Ada cara lain untuk mendapatkan kembali ketenangan pikiran.
Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

"Beralih dari hiruk pikuk kota menuju arena hijau atau taman, ternyata dapat menurunkan level stres," kata salah satu peneliti dari University of Edinburgh, Richards Coyne, PhD seperti dikutip dalam Womens Health. Namun, taman juga bukan satu-satunya jalan segarkan mental, Coyne juga menyarankan Anda untuk melakukan beberapa trik ini:
Gibran Sowan ke Rumah Dinas Wapres Ma'ruf Amin, Langsung Cium Tangan

Pikirkan kebahagiaan
Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen
Fokus pada hal-hal indah ternyata dapat membantu turunkan tingkat stres. Dengan demikian, bagian otak seperti amigdala dan korteks pre frontal dapat kembali menjalankan tanggungjawabnya sebagai pengantar informasi. 

Cek YouTube
Untuk menyegarkan pikiran, Anda dapat melirik situs YouTube. Sebuah penelitian mengungkap, menonton sesuatu yang bersifat humor memberi efek menenangkan otak.

Video dalam situs ini tak hanya dapat membuat Anda tertawa, tapi juga meningkatkan motivasi yang mengarah pada penurunan stres. Sehingga otak dapat mengambil alih kembali kontrol mental. Para ilmuan menyarankan Anda untuk meluangkan waktu sekitar dua menit setiap harinya untuk menonton video seperti ini.

Salurkan hobi
Seberapa sibuknya Anda, luangkan waktu untuk menyalurkan hobi. Ini cara ampuh mengatasi lelah otak. Saat melakukan hal yang menyenangkan, tubuh akan mengalirkan senyawa dopamin. Senyawa yang mengirimkan kesenangan yang menyingkirkan stres. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya