VIDEO: Brain Spa, Teknik Baru Atasi Penyumbatan Otak

DR. dr Terawan Agus Putranto Saat Melakukan Operasi
Sumber :
  • VIVA/Anhar Rizki Affandi
VIVAlife - Stroke tidak dapat disembuhkan. Mungkin itu tinggal mitos. Sebab seorang dokter di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta sukses dengan metode baru. Dia mengembalikan kerja pembuluh otak yang tersumbat, agar saraf kembali bekerja. 
Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Para pasien umumnya datang dengan keluhan yang sama. Gangguan di kepala. Sering pusing tiba-tiba, pandangan kabur hingga gelap gulita. Jika sudah begitu, tubuh bisa ambruk.
3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Menurut Terawan Agus Putranto, demikian nama dokter ini, kumpulan gejala tersebut sangat berpotensi menyebabkan stroke jika lama dibiarkan. Penyebabnya, penyempitan di pembuluh darah otak. Terapi perlu ditempuh. Dan salah satu terapi yang dipilih Terawan adalah Brain Spa.
Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

VIVAlife berkesempatan melihat langsung tindakan yang dinamakan Brain Spa itu, atau istilah gampangnya cuci otak ini, di RSPAD Gatot Subroto. Kegiatan ini lebih seperti tindakan ringan, bukan operasi besar yang kadang mengerikan.
Tak tampak sedikitpun raut ketegangan pada sang dokter dan timnya. Ia justru menghibur pasiennya dengan bernyanyi.  

Sesaat ia mempelajari kondisi pasien dari hasil radiologi. Kemudian dengan sigap menyuntikkan bius lokal di bagian pangkal paha. Ini dilakukan untuk memasukan kateter dan guide wiver sedalam lima atau enam sentimeter, sebagai pembuka jalan menuju otak ketika akan dibersihkan jalurnya.

Tak sampai 10 menit, alat tersebut sudah masuk ke dalam tubuh pasien. Brain Spa pun siap dijalankan. Menyemprot 'gorong-gorong' aliran darah yang tersumbat dengan air flushing guna melancarkan aliran darah di otak, sehingga jaringan sel mampu berfungsi kembali dengan baik.

Tindakan ini cuma sebentar. Cuma sekitar 15 menit.Pasien juga tak tampak seperti menjalankan tindakan. Berbicara seperti biasa. Malah berkomentar bahwa kepalanya terasa enteng, pengelihatannya juga lebih jelas. Lihat

Apa saja manfaat brain spa, baca artikel sebelumnya melalui



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya