5 Asupan Buruk Penyebab Keropos Tulang

Tulang gemeratak
Sumber :
VIVAlife - Banyak orang berpikir, cara terbaik untuk mendapatkan tulang sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi kalsium. Pemahaman ini memang tidak salah, mengingat rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya 1.000 miligram kalsium setiap hari.
Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Namun tulang tidak hanya membutuhkan kalsium agar tetap kuat. Tulang juga butuh vitamin D untuk dapat menyerap kalsium dengan baik. Selain itu juga kebiasaan sehat, seperti tidak merokok dan tetap aktif.
Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

"Tulang sehat dipengaruhi juga lewat keseimbangan makanan," kata Joan A. McGowan, Ph.D., Direktur Divisi NIH penyakit otot seperti dikutip Huffingtonpost.
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, jika ingin tulang tetap kuat.

Kafein

Konsumsi kafein setiap pagi dan atau sore hari dapat mengganggu penyerapan kalsium. "Lebih banyak kalsium yang terbuang bersama urin jika asupan kafein tinggi." kata McGowan. Efeknya memang relatif kecil. Tapi ini dapat merusak diet kalsium Anda. 

Soda

Menurut para ahli, kandungan fosfor yang terbentuk dalam penyedap asam fosfat di minuman bersoda juga mengganggu penyerapan kalsium. 

Garam

Semakin banyak garam yang dikonsumsi, akan semakin banyak kalsium yang terbuang lewat urin dan keringat. "Ini adalah bagian dari diet ala Amerika yang tidak seimbang," kata McGowan.

Baca label gizi pada makanan yang Anda beli untuk membantu membatasi asupan garam dalam tubuh. Batas normal konsumsi sodium adalah kurang dari 2.300 miligram per hari.

Terlalu banyak alkohol

Meminum satu gelas alkohol untuk wanita dan dua gelas untuk pria dapat memberikan perlindungan kepada tulang Anda. Namun, jika Anda bukan peminum, sebaiknya jangan dicoba. Karena mengkonsumsi alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang terutama pada orang tua.

Terlalu banyak protein

Jumlah protein tepat membantu tulang untuk sehat. Wanita membutuhkan sekitar 46 gram protein sehari, dan pria membutuhkan sekitar 56 gram. Seseorang yang melakukan diet protein dengan hanya mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian termasuk dalam diet yang tidak seimbang. Karena, konsumsi protein yang berlebihan juga dapat mengubah keseimbangan pH dalam tubuh yang mempengaruhi kekuatan tulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya