Kenali Lebih Dekat Faktor Gangguan Pedengaran

Ilustrasi Telinga.
Sumber :
VIVAlife
Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh
- Telinga jadi salah satu organ vital manusia yang sering diacuhkan masalah kesehatannya. Kalau sudah tak dapat berfungsi dengan baik, barulah menyadari pentingnya organ ini. Namun apa yang menyebabkan datangnya gangguan pendengaran?

Terpopuler: Mobil Pejabat Terkaya Versi LHKPN, Pemotor Emak-emak Berulah di Luar Negeri

Selain kondisi bawaan atau sejak lahir, kenyataannya banyak faktor tak terduga yang menyebabkan hilangnya pendengaran. Simak faktor penyebab gangguan pada organ telinga seperti dikutip dalam
Iran Serang Israel, WNI Diimbau Jangan Lakukan Perjalanan ke 2 Negara Itu
WebMD :


Cidera


Tak sedikit orang menyadari bahwa trauma kepala berat dapat sebabkan telinga bagian tengah mengalami kerusakan saraf. Biasanya gangguan ini menyebabkan gangguan permanen.


Selain itu karena adanya perubahan tekanan ketika terbang, memasuki kedalaman laut juga turut mempengaruhi telinga bagian dalam terganggu. Kalau kondisi ini terjadi, biasanya dalam beberapa minggu gendang telinga akan berjalan normal kembali.


Obat


Beberapa obat diketahui dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Antibiotik misalnya, salah satu obat yang seringkali timbulkan gangguan telinga hingga tak bisa mendengar selamanya atau permanen. Namun, pada beberapa kasus, berhenti minum obat-obatan tertentu justru dapat beresiko munculnya gangguan pendengaran.


Penyakit Kronis


Penyakit kronis tak terkait langsung dengan telinga. Penyebab gangguan pendengaran umumnya karena terganggunya aliran darah ke otak. Misal jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes. Selain itu penyakit autoimun seperti arthitis juga berpotensi sebabkan gangguan.


Suara


Dalam hal ini dilihat dari pemicunya. Pertama disebabkan karena suara ledakan yang menciptakan gelombang suara. Kedua karena konser. Kerusakan pendengaran dapat terjadi karena paparan suara bising. Ketiga disebabkan karena penggunaan
earphone
. Semua gangguan pendengaran ini berpotensi berpotensi  sebabkan gangguan permanen.  Oleh karena itu, perhatikan volume musik, ketika menggunakan
headphone
atau
earphone
.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya