Awas, Cacing Loa-loa Ini Hidup di Mata Manusia

Lingkar Hitam Mata
Sumber :
  • http://www.google.co.id/imgres
VIVAlife - Cacing tambang, cacing perut, dan cacing cambuk merupakan deretan cacing yang paling jamak tinggal dalam tubuh manusia. Tapi ada satu lagi jenis cacing yang juga suka bersarang dan berbahaya. Cacing bernama Namatoda Loa-loa ini tinggal di mata.
Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

Cacing ini sejenis cacing filaria yang menyebabkan gangguan mata berat. Mereka singgah dalam mata karena gigitan lalat rusa, lalat berwarna kuning, dan lalat betina pemakan darah.
Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Ketika menggigit, lalat akan mengeluarkan mikrofilaria yang beredar dalam darah. Kemudian akan berkembang menjadi larva dan membentuk cacing dewasa dalam waktu satu sampai empat minggu.
Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Gejala awal penyakit ini biasanya iritasi, rasa mengganjal pada mata, atau pembengkakan di pelupuk mata yang tidak disertai rasa sakit. Ketika teridentifikasi mengalami penyakit mata loafiasis, sesegera mungkin Anda harus mendapatkan penanganan. Walau belum ada vaksin untuk penyakit ini, pasien dapat melakukan kemoterapi. Dikutip laman Boldsky, cacing ini juga bisa diangkat dengan cara operasi.

Penyakit ini banyak dialami di beberapa negara Afrika dan India. Untuk menghindari, saat berkunjung ke negara tersebut pastikan rajin mengoleskan krim anti serangga pada seluruh tubuh. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya