8 Perubahan Kecil Demi Jantung Sehat (II)

Nyeri dada
Sumber :
  • istockphoto.com
VIVAlife - Penyakit jantung disebut sebagai pembunuh sekitar setengah juta wanita setiap tahun. Lebih berbahaya dari kanker dan penyakit karena gangguan pernapasan. The American Heart Association (AHA) pun mengeluarkan pedoman baru untuk mencegah penyakit jantung pada wanita. 
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Selain tes fungsi jantung setiap dua tahun sekali, Anda juga harus jeli terhadap gejala-gejala samar penyakit jantung. "Seperti memiliki kesulitan beraktivitas, kelelahan yang tidak biasa, kecemasan, gangguan pencernaan, atau sesak napas, segera konsultasikan dengan dokter kardiolog," kata Dr Joanne Foody, M.D, direktur Brigham and Women’s Hospital yang menangani bidang kardiovaskuler.
Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Foody juga menyarankan beberapa perubahan gaya hidup untuk menjaga kesehatan jantung, sebagai berikut:
Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

4. Tertawa 

Berada di lingkungan orang-orang yang bisa membuat Anda tertawa sangat baik untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian di University of Maryland, sekitar 40 persen orang yang terkena jantung adalah mereka yang jarang tertawa. 

Para ahli mengatakan bahwa ketika orang tertawa, pembuluh darah menjadi rileks, terbuka, dan darah mengalir dengan mudah. Hal ini mencegah situasi stres.

5. Tidur Cukup

"Tidur penting untuk mengatur detak jantung," kata Foody. Kualitas tidur yang buruk menyebabkan tekanan darah tinggi. Jika Anda sulit tidur, sering bangun di malam hari, atau mendengkur berat, konsultasikan dengan dokter.

6. Berjemur

Paparan vitamin D dari sinar matahari sangat penting untuk kesehatan jantung.  "Vitamin D merupakan hormon yang mengatur kalsium ke seluruh tubuh, vitamin ini tidak hanya berdampak pada tulang, tapi juga otot dan jaringan tubuh lain," papar Foody. 

7. Berhenti merokok

Menghabisakan rokok satu hingga lima batang per hari meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 40 persen. Demikian hasil studi yang dilakukan pada 15.000 perokok di Amerika. 

8. Ketahui Tanda Serangan Jantung

Menurut data dari pusat kesehatan Amerika, di sana setiap 90 detik seorang wanita meninggal karena jantung. Gejalanya, nyeri pada pertengahan dada yang menjalar ke  lengan kiri dan bahu. Gangguan jantung juga bisa dimulai dari masalah pencernaan, sakit punggung, dan leher. Juga nyeri rahang terutama saat stres atau kelelahan fisik. 

Baca artikel sebelumnya melalui
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya