Konsumsi Vitamin D, Tunggu Dulu

Mencegah Osteoporosis
Sumber :
  • http://img.carapedia.com
VIVAlife - Jika merasa kekuatan tulang mulai melemah, bukan berarti Anda harus mengkonsumsi suplemen vitamin D dosis tinggi. Tunda dulu keinginan ini. Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Johns Hopkins University, Amerika Serikat menemukan bahwa dosis vitamin D tinggi sangat berbahaya.
Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

Pada dosis tepat, vitamin ini memang bekerja melindungi pembuluh darah dan jantung. Juga bermanfaat bagi kesehatan tulang, otot, dan mencegah diabetes. Namun saat dosisnya berlebih justru menimbulkan kerusakan atau gangguan kardiovaskuler.  
Resep Marble Cake Anti Gagal Ala Chef Devina Hermawan, Cocok Buat Sajian Lebaran

"Pada titik tertentu, terlalu banyak vitamin D tidak lagi memberikan manfaat dalam kelangsungan hidup. Jadi membeli suplemen mahal untuk menambah vitamin D terkadang hanya membuang-buang uang," ujar pemimpin penelitian Dr. Muhammad Amer seperti dikutip Thenewage. 
Kisah Pilu Kakak Adik Korban Kecelakaan Tol Cikampek hingga Gran Max Maut Sudah 4 Kali Pindah Tangan

Dalam penelitian tersebut, Amer dan timnya menganalisis data lebih dari 10.000 responden dalam uji kesehatan pada tahun 2001 hingga 2004. Penelitian yang kemudian diterbitkan dalam American Journal of Medicine pada 1 Mei ini menyebut bahwa vitamin D hanya dapat dirasakan manfaatnya oleh kelompok wanita tua dan wanita yang sudah memasuki fase menopause. 

Jika ingin menambah vitamin D seseorang harus berkonsultasi dengan dokter, untuk dapat memprediksi berapa tingkatan vitamin D yang dibutuhkan dalam tubuh. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya