Cara Ampuh Redakan Konflik Antara Istri dan Mertua

Ilustrasi tinggal bersama orang tua
Sumber :
VIVAlife - Film Monster in Law adalah gambaran hubungan antara seorang istri dan ibu mertua yang seringkali penuh ketegangan. Biasanya, potensi konflik terjadi saat memperebutkan kasih sayang dari satu pria, suami dan anak.   
2 Alasan Kejagung Masih jadi Lembaga Hukum Paling Dipercaya Publik Versi Indikator

Menurut penelitian seorang profesor komunikasi University of Wisconsin-Stevens Point, Dr Sylvia L Mikucki-Enyart, perubahan status pada anak pria lebih mencemaskan ibu ketimbang anak perempuan.  
Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Dalam sebuah survei yang dilakukan pada 133 istri, menemukan, mayoritas istri merasa tak aman dalam hubungan dengan mertua. Sebagian besar dipicu kekhawatiran ibu dari suami akan membicarakan keburukan diri mereka kepada suami. Alasan lainnya, para istri merasa takut ibu mertua terlalu banyak ikut campur dalam urusan rumah tangga mereka.  
Arsenal Menolak Menyerah

Hasil survei senada dengan studi pada 2008 yang dilakukan Terri Apter, psikolog dari Cambridge University. Dalam studinya, Apter menemukan bahwa setidaknya 60 persen wanita merasakan gesekan dengan ibu mertua. Sementara hanya 15 persen pria yang melaporkan ketegangan hubungan dengan ibu mertua mereka. 

Dari 89 ibu dari suami yang disurvei, Dr Mikucki-Enyart menemukan kekhawatiran terbesar para ibu saat anak laki-laki mereka menikah. Mikucki-Enyart menemukan bahwa ibu paling khawatir tentang kebahagiaan anaknya, anaknya semakin jarang mengunjungi mereka, serta istri yang mengubah prilaku anak.

Persaingan istri dan ibu mertua juga termasuk memberi perhatian dan kasih sayang. Pemicu lainnya adalah ibu dan menantu merasa risih karena tak tahu bersikap satu sama lain. 
 
Bila tak dapat diatasi, ketegangan ibu-menantu bisa menyebabkan stres pada suami. Agar meredakan ketegangan,  seorang istri harus meminimalkan perasaan negatif dan melibatkan ibu mertua dalam keluarga. Beberapa caranya antara lain mengundang makan malam, berkunjung ke rumah ibu mertua bersama anak-anak atau mengirim foto anak-anak kepada ibu suami. 

"Jangan berkompetisi, karena ibu dan istri sama-sama mencintai satu orang pria dengan cara yang sama sekali berbeda," ucapnya seperti dikutip Daily Mail.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya