Hormon Testoteron Menurun, Kenali Tanda-tandanya

Pria kelelahan
Sumber :
VIVAlife -
Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana
Testosteron identik dengan hormon yang membangkitkan hasrat bercinta pria. Tapi, hormon ini fungsinya lebih dari itu. Antara lain melindungi tulang dan mempertahankan massa otot.

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Ketika jumlahnya menurun, maka dampaknya bagi kesehatan cukup besar. Salah satunya meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Meskipun hormon testosteron akan menurun seiring bertambahnya usia, tapi gaya hidup tak sehat juga mempengaruhinya.
Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games


Merokok, tak berolahraga, minum-minuman alkohol berlebihan, konsumsi makanan berkalori tinggi patut diwaspadai. Menurut Abraham Morgentaler, MD, pendiri
Men's Health Boston,
hal tersebut akan berdampak negatif pada level testosteron.


Gejala level testosteron menurun, seperti dikutip dari
Prevention
, sebenarnya bisa dilihat dan langsung dirasakan. Perhatikan kondisi pasangan, jika ia mudah lelah, bisa jadi produksi hormon testosteron sedang turun. Apalagi, jika disertai depresi, kenaikan berat badan dan hasrat bercinta menghilang.


Untuk meningkatkan lagi level testosteron dianjurkan untuk berolahraga. Perbanyak juga konsumsi makanan yang kaya vitamin D, seperti susu, ikan salmon dan jus jeruk. Sebagai cemilan, bisa mengkonsumsi avokad atau kacang-kacangan.


Pastikan juga tidur cukup. Kurang tidur akan berdampak negatif pada kerja kelenjar yang memproduksi hormon testosteron. Siasati waktu dengan baik agar tubuh mendapatkan cukup waktu untuk istirahat. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya