Waspada Sore Hari, Bisa Picu Kegemukan

Wanita makan cokelat.
Sumber :
  • Metro.co.uk
VIVAlife - Sudah merasa menerapkan pola hidup sehat namun masih menemukan timbunan lemak di perut? Angka di timbangan juga terus merangkak naik meski Anda berpuasa seharian? Tidak ada yang salah dengan sarapan sehat di pagi hari. Mungkin, kesalahan Anda ada di sore hari.
PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini
 
Bisa dibilang sore merupakan waktu yang harus Anda waspadai. Apalagi saat Ramadan. Banyaknya undangan buka puasa dan bunyi perut yang keroncongan setelah seharian tak diisi, menjadi alarm untuk menyantap apapun yang tersedia di meja.
Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang
 
Hati-hati, kebiasaan itulah yang bisa menimbun lemak di tubuh Anda. Berikut lima kesalahan sore yang bisa membuat berst badan bertambah seperti dikutip dari Health.com
Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang
 
Camilan sore
Kebiasan ngemil di sore hari memang efektif menurunkan rasa lapar. Bagi Anda pekerja kantoran yang jam kerjanya 9 to 5, cara ini juga bisa menambah energi sekaligus mengurangi stres. Nafsu makan malam Anda juga mungkin berkurang dan Anda pikir itu cara berdiet.
 
Namun, membiasakan ngemil di sore hari bakal berpengaruh ke berat badan Anda. Sedikitnya, camilan yang Anda makan di sore hari itu mengandung 150 kalori. Bayangkan jika jumlah itu menumpuk setiap harinya. Ini bisa diterapkan juga dengan tidak makan terlalu manis untuk takjil berbuka puasa.
 
Melewatkan gym
Terlalu lelah di kantor atau terjebak macet di jalan sehingga malas berolah raga? Setiap kali Anda melewatkan gym di sore hari, ada sekitar 300 kalori yang tidak Anda bakar mengendap di dalam tubuh. Jika tak bisa setiap sore, jadwalkanlah olahraga secara rutin.
 
Atau, jika masih punya sisa waktu sore, coba berolahraga di sela-sela kesibukan Anda. Selain membuat lebih segar untuk kembali bekerja, efeknya juga baik untuk tubuh.
 
Nongkrong di kafe
Kebiasaan orang Indonesia, terutama di Jakarta, adalah nongkrong di kafe dari sore sampai malam. Alasannya macam-macam. Mulai dari menunggu waktu lembur sampai menghindari macet di jalanan. Nongkrong bersama teman memang tak masalah.
 
Yang menjadi masalah, adalah apa yang Anda pesan saat nongkrong. Kopi super manis dengan whip cream di atasnya? Tentu itu salah satu minuman terlarang bagi Anda yang tak ingin berat badan naik. 

Belum lagi, makanan ringan yang disediakan biasanya mengandung lemak berlebih. Jika tak bisa lepas dari kopi, coba membuatnya sendiri di rumah.
 
Menghadiri pesta
Memang tak enak jika melewatkan pesta atau menolak undangan buka puasa bersama. Namun, jika itu terjadi setiap hari, sebaiknya Anda mulai cemas dengan berat badan Anda. Menjadi party lover dan pencicip setia kue-kue manis di sana jelas akan membuat Anda tampak makin lebar. Tak ada larangan datang sesekali ke pesta, yang penting imbangi dengan olahraga.
 
Memasuki dapur kantor
Tentu Anda tahu persis, yang dimaksud bukan sekadar memasuki dapur. Begitu memasuki ruangan itu, biasanya Anda akan tergoda mengambil camilan atau meminta dibelikan kopi penuh gula. Kedengarannya memang menggoda.
 
Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya Anda menyiapkan sendiri camilan sehat Anda di kotak makan, sehingga tak perlu masuk ke dapur kantor. Buah dan makanan rendah kalori bisa menjadi bekal yang baik di kantor. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya