Musik, Sang Penyelamat Penyakit Jantung

Musik memiliki banyak keajaiban
Sumber :

VIVAlife - Mendengarkan musik favorit selalu bisa membuat orang lebih santai. Jatuh cinta, patah hati, atau stres adalah saat-saat kebanyakan orang membutuhkan musik. Lebih dari itu, musik punya banyak keajaiban lain.

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Tak sekadar membuat santai, musik ternyata juga bisa menyelamatkan hidup. Sebuah penelitian dari European Society of Cardiology Congress 2013 di Amsterdam mengungkapkan, musik juga ampuh mengurangi penyakit jantung.

Kombinasi musik dengan aktivitas fisik akan membawa keuntungan luar biasa.

Penelitian itu melibatkan 74 pasien penyakit jantung, yang dibagi menjadi tiga kelompok. Pasien di kelompok pertama diminta latihan aerobik selama tiga minggu penuh.  Pasien di kelompok kedua, berolahraga dan mendengarkan musik favorit 30 menit setiap hari.

Sementara pasien di kelompok ketiga hanya diminta mendengarkan musik favorit dalam waktu yang sama.

Hasilnya, fungsi jantung pada kelompok yang diminta berolahraga dan mendengarkan musik meningkat signifikan, hingga 39 persen. Kelompok yang hanya mendengarkan musik, fungsi jantungnya meningkat sebanyak 19 persen.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Sedangkan kelompok yang hanya beraktivitas fisik, fungsi jantungnya meningkat 29 persen.

“Kombinasi musik dan latihan menyebabkan peningkatkan dalam fungsi endotel (pembuluh darah),” ujar Profesor Marina Deljanin Ilic dari Serbia yang mempresentasikan hasil penelitian itu, seperti dikutip laman Huffington Post.

Artinya, mendengarkan musik favorit ternyata dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah. Alhasil, ini menjadi metode tambahan yang baik bagi pasien penyakit jantung koroner. Memang tak ada standar musik tertentu untuk terapi ini. Selera pasien yang memilihnya.

“Yang penting mampu meningkatkan emosi positif dan menciptakan rasa senang serta santai,” ujar Ilic menambahkan.

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024