Ketahui Dampak Buruk Membentak Anak

Ilustrasi orangtua remaja
Sumber :

VIVAlife - Membentak kerap dilakukan orangtua ketika anak-anak mereka melakukan kesalahan. Namun, berdasarkan sebuah penelitian terbaru, membentak anak ternyata bisa menimbulkan dampak negatif saat mereka beranjak remaja.

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

"Ini merupakan penelitian pertama yang mengindikasikan bahwa memarahi anak dengan berteriak dapat merusak kepribadian mereka saat dewasa," ujar Dr Ming-Te Wang, pemimpin penelitian yang juga merupakan asisten profesor psikologi pendidikan di Universitas Pittsburgh.

Riset yang dipublikasikan dalam jurnal Child Development ini melibatkan 976 orangtua di Amerika Serikat yang sebagian besar merupakan keluarga kelas menengah. Riset mengungkap bahwa orangtua cenderung mengubah cara mendisiplinkan anak saat mereka beranjak remaja.

Cara disiplin yang awalnya diterapkan dalam bentuk fisik, kini berubah menjadi verbal yang kasar. Verbal kasar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah orangtua yang memarahi anak-anaknya dengan meneriakkan kata-kata kasar.

Seperti dikutip laman Daily Mail, penelitian ini mengungkap bahwa jika orangtua mulai memarahi anak saat berusia 13 tahun, anak tersebut akan berisiko besar memiliki masalah perilaku dan emosional saat dewasa. Anak-anak ini bisa menderita depresi di usia 13 dan 14 tahun. Mereka cenderung berperilaku negatif di sekolah, sering berbohong, mencuri, bahkan berkelahi.

Dr. Wang menegaskan, memarahi anak dengan berteriak bukan langkah yang efektif dalam menyelasaikan suatu masalah. Tindakan tersebut justru hanya akan berdampak buruk pada anak. Bahkan meskipun hubungan si anak dan orangtua sebenarnya cukup dekat. (umi)

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara
Lahan kelapa Sawit. (Ilustrasi)

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengungkapkan, seluas 3,37 juta hektare lahan sawit terindikasi ada di dalam kawasan hutan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024