Garam Steril, Obat Baru Nyeri Punggung

Nyeri Punggung
Sumber :
VIVAlife - Nyeri punggung bagian bawah merupakan gangguan yang kerap dialami para pekerja kantoran. Obat penghilang rasa sakit dan olahraga pun kadang tak mampu mengatasinya.
Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Selama puluhan tahun, nyeri punggung akut diatasi dengan suntikan steroid--pengobatan non operasi yang paling umum. Namun, penelitian terbaru dari Johns Hopkins University menemukan ada pengobatan yang lebih mujarab dari itu.
BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Disimpulkan, suntikan saline ternyata lebih ampuh daripada suntikan steroid. Saline adalah larutan garam steril yang biasa digunakan untuk infus, mencuci lensa kontak, dan membersihkan luka. Pengobatan steroid disebut memiliki efek jangka panjang yang buruk, yaitu dapat meningkatkan gula darah pada penderita diabetes.
Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

"Selain dapat memperburuk kesehatan penderita diabetes, stereoid juga memperlambat penyembuhan luka dan mempercepat munculnya penyakit tulang pada wanita lanjut usia," kata Steven Cohen, ahli anestesi di U.S University.

Penderita bisa saja mengurangi risiko itu dengan membatasi suntikan steroid setahun sekali, itupun jika rasa nyeri datang kembali. 

Penelitian ini dipicu oleh meninggalnya 740 orang di 20 negara bagian Amerika Serikat karena penyakit meninghitis. Sebanyak 55 orang meninggal setelah mendapat suntikan steroid.

Johns Hopkins University mengkaji catatan medis 3.641 pasien dari 43 studi yang dilakukan sampai Oktober 2012. Hasil penelitian ini akan dilanjutkan dengan skala yang lebih besar. Peneliti tidak mau begitu saja merekomendasikan pasien agar berhenti menggunakan suntikan stereoid.

"Terlalu cepat menyarankan pasien untuk berhenti menerima steroid, kami hanya menyarankan agar pasien mengurangi dosisnya saja," lanjut Steven Cohen seperti dikutip Daily Mail. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya