Ketahui Penyebab Katarak pada Bayi Baru Lahir

Ilustrasi-Bayi
Sumber :
  • newsanchormom.blogspot.com
VIVAlife
Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan
- Katarak merupakan penyakit mata yang disebabkan karena lensa mata yang keruh, sehingga masuknya cahaya pada retina jadi terhalang. Umumnya penyakit katarak dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Namun ternyata, katarak juga bisa diderita oleh bayi yang baru lahir.

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

Pada acara
Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet
SOHO #BetterU : Hari Penglihatan Sedunia di Thamrin City, Jakarta Pusat, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek mengatakan, katarak pada bayi biasanya terjadi karena ibu menderita penyakit toksoplasma, sehingga menyebabkan bayi menerima cairan protozoa selama berada di dalam kandungan.


"Itu sebabnya ibu yang sedang mengandung memiliki hak asasi yang lebih besar. Ini pesan juga untuk para ayah, agar memberikan gizi yang baik kepada ibu selama kehamilan," ujar dokter yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI).


Pengobatan katarak pada bayi sama dengan pengobatan katarak pada orang dewasa. Karena menurutnya, hingga saat ini katarak hanya bisa disembuhkan melalui operasi.


Tidak hanya pada bayi baru lahir, penyakit ini juga harus diwaspadai pada anak-anak. Sebaiknya periksakan mata anak sebelum usia enam tahun. Dengan demikian jika terjadi masalah pada mata bisa segera teratasi.


"Bayi itu
kan
memang umumnya ketika lahir hanya bisa melihat terang dan gelap. Karena itu penting untuk rutin melakukan pemeriksaan, minimal satu tahun sekali, agar mereka bisa melihat dengan sempurna saat usia lima tahun," ujarnya. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya