Ini Waktu Tepat Menyeruput Kopi Menurut Peneliti

Kopi
Sumber :
  • greatcoffeeideas.wordpress.com

VIVAlife - Menikmati secangkir kopi di pagi hari memang nikmat. Aroma dan rasanya yang menyegarkan, mampu membangkitkan semangat di pagi hari. Tapi jika Anda ingin lebih merasakan manfaat kopi, cobalah untuk sedikit bersabar.

Para ilmuwan mengatakan, waktu terbaik untuk minum kopi dan merasakan manfaatnya bukan di pagi hari, tapi pada pukul 9.30 hingga 11.30. Ini karena kafein akan berinteraksi dengan hormon kortisol di jam tersebut. Kortisol adalah hormon yang membantu mengatur jam internal tubuh dan mendorong kewaspadaan.

Kadar kortisol alami akan meninggi segera setelah Anda terbangun dan tetap tinggi hingga satu jam setelahnya. Puncaknya adalah pada pukul 8 hingga 9 pagi. Sehingga menurut ahli saraf di Uniformed Services University of the Health Sciences, Bethesda, Maryland, Steven Miller, kopi akan lebih bermanfaat jika diminum setelah puncak ketinggian hormon kortisol. Dengan demikian, kafein yang terkandung dalam kopi akan membangkitkan kembali produksi kortisol.

Sebaliknya menurut Steven, minum kopi di pagi hari, saat hormon kortisol sedang tinggi justru akan menyebabkan tubuh memberi sinyal toleransi pada kandungan kafein. Pada akhirnya menyebabkan Anda terus menambah cangkir demi cangkir kopi untuk mendapatkan efek yang sama.

"Ini merupakan salah satu prinsip utama farmakologi. Yaitu menggunakan obat hanya jika diperlukan. Jika tidak, tubuh akan mengembangkan toleransi terhadap obat terus menerus dengan dosis yang sama," ujarnya seperti dilansir laman Telegraph.

Dengan kata lain, secangkir kopi yang diminum di pagi hari pada saat tubuh belum membutuhkannya, tidak akan efektif. Ini mengapa Anda merasa harus terus menambah secangkir kopi kembali.

Steven mengungkapkan, kadar kortisol sebenarnya diproduksi dalam kadar yang tinggi ketika stres, yang kemudian membantu mengubah energi ke glukosa sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh. Ketika energi dilepas di pagi hari akan menyebabkan tingkat kewaspadaan serta meningkatkan rasa lapar.

Kinclong Sepanjang Hari, Nilai Transaksi Perdagangan Saham BUMI Capai Rp 412 miliar

Selain itu, para ilmuwan mengatakan bahwa kortisol turut bertanggung jawab terhadap sinkronisasi ritme harian dalam tubuh. Selain pukul 8 hingga 9 pagi, ada beberapa waktu lain di mana kadar kortisol kembali naik, yaitu sekitar pukul 13.00, 17.30-18.30.

Meski demikian, waktu yang tepat untuk minum secangkir kopi sebenarnya bervariasi pada setiap orang. Tergantung siklus kortisol dalam tubuh mereka dan waktu bangun tidur setiap orang.

VIVA Militer: Pangkoarmada I pimpin Sertijab Danlantamal XII Pontianak

Laksma TNI Avianto Resmi Pegang Tongkat Komando Lantamal XII Pontianak

Laksma TNI Avianto menggantikan Laksma TNI Laksma TNI Agoeng MKS yang baru mendapatkan kepercayaan untuk menempati posisi barunya sebagai Wadan Seskoal

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024