Solo Luncurkan Bus Khusus untuk Difabel

wali kota mendorong kursi roda penumpang bus
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAlife - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meluncurkan dua armada bus khusus untuk penumpang difabel. Menariknya, saat peluncuran bus yang memiliki spesifikasi khusus itu dikemudikan langsung oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Peluncuran bus yang diberi nama Begawan Abiyasa cukup menarik perhatian masyarakat, mengingat bentuk bus tersebut cukup berbeda dengan bus pada umumnya. Selain lebih pendek, pintu bus juga dilengkapi dengan ramp untuk memudahkan para pengguna kursi roda naik bus.

Sesaat tiba di depan gedung YPAC Solo, Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy langsung mengecek pintu bus lodek (pendek). Ia bahkan sempat menguji keamanan dan kenyamanan ramp pintu bus dengan mendorong kursi roda yang dinaiki siswa YPAC bernama Tegar.

"Bus ini akan digunakan untuk membawa  teman-teman difabel keliling kota Solo," kata dia disela-sela peluncuran bus Begawan Abiyasa.

Seusai melakukan upacara  peresmian pengoperasian bus yang ditandai dengan penyiraman air dari kendi, selanjutnya para penumpang yang sebagian besar kalangan difabel diajak berkeliling kota Solo. Menariknya, satu dari dua armada bus itu disopiri sendiri oleh Wali Kota Solo.

"Saya yang nyopiri sendiri bus ini. Ini saya juga punya SIM B1 sebagai bukti bahwa saya boleh menyetir bus," kata dia sambil mengeluarkan SIM B1 dari dompet yang selanjutnya dipamerkan kepada para wartawan.

Setelah itu, Rudy dengan busnya  langsung bergegas meninggalkan depan gedung YPAC Surakarta untuk berkeliling Kota Solo. Tak ayal, para penumpang pun langsung kaget dan sumringah melihat bahwa yang menyopiri bus yang dinaikinya dalah sang wali kota.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Sudrajat mengatakan peluncuran  bus Begawan Abiyasa merupakan bus yang khusus diperuntkkan bagi kalangan difabel. Pengoperasian bus tersebut juga tidak lepas dari predikat Kota Solo sebagai kota yang ramah bagi difabel.

"Pemkot Solo memiliki Perda difabel dengan begitu pengoperasian bus ini juga menjadi bagian dari pemenuhan sarana angkutan  bagi kalangan difabel," jelas dia.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, dua bus tersebut merupakan hasil hibah. Sebelumnya dua bus itu merupakan fasilitas angkutan yang digunakan untuk mengangkut para atlit difabel yang ikut dalam laga ASEAN Paragames yang berlangsung di Solo beberapa waktu yang lalu.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

"Dulu ada 10 armada bus yang digunakan saat penyelenggaraan Paragames. Nah, Solo mendapat hibah dua armada bus," ucapnya.

Mengenai pengoperasian bus tersebut, ia mengatakan tidak digunakan seperti halnya bus reguler. Hal ini disebabkan bus tersebut cukup sehingga hanya bisa melintas di jalur wisata seperti yang dilalui bus tingkat Werkudara.

"Ini digunakan untuk bus wisata untuk kalangan difabel. Bus ini memang di bagian tengah dibuat longgar untuk tempat kursi roda. Kapasitas penumpang sekitar 25 orang," ujarnya.

Meski demikian, ia mengaku bahwa bus difabel ini tidak menutup kemungkinan untuk angkutan wisata reguler. Namun, bus ini akan dioperasikan untuk umum jika bus tingkat Werkudara yang biasa melayani jalur wisata keliling kota Solo sedang tidak beroperasi.

"Ya, untuk mengganti bus Werkudara jika sewaktu-waktu sedang diservis," katanya.

Salah seorang difabel yang ikut naik bus Begawan Abiyasa, Sugiyan mengaku cukup puas terhadap sikap Pemkot Solo yang menyediakan bus bagi kalangan difabel. Meski masih terdapat kekurangan dalam hal penyediaan fasilitas di dalam bus bagi difabel, namun ia tidak begitu mempersoalkan.

"Adanya bus ini, artinya kita (kalangan difabel) ikut dipikirkan. Sedangkan masih ada kekurangan fasilitas, seperti ramp yang terlalu curam dan lainya, masih bisa dimaklumi," kata dia.

Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024