Ingin Diet Sukses? Kenali Lima Jenis Lapar

Ilustrasi makan siang di meja kerja
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Menginginkan badan langsing dan sehat adalah alasan di balik banyak orang melakukan diet ketat. Terutama kaum wanita. Namun, semua kerja keras itu percuma bila Anda tidak bisa mengontrol rasa lapar.
RSUD Bayu Asih Purwakarta Klarifikasi Sangkaan Penolakan Penanganan Bayi Prematur

Untuk mendapatkan hasil optimal dalam penurunan berat badan, Anda harus kenali rasa lapar yang dirasakan. Apakah itu termasuk lapar palsu atau Anda benar-benar lapar.
Momen Haru Irjen Ahmad Luthfi Lebaran Bareng Anggota: Ini Operasi Ketupat Terakhir Saya

Berikut beberapa perbedaan jenis lapar seperti dilansir dari Foxnews:
Hari Pertama Masuk Usai Cuti Lebaran, Wali Kota Depok Sebut Kehadiran ASN Capai 90 Persen

Lapar nyata

Jenis lapar ini adalah yang paling penting. Tubuh memberitahu Anda bahwa ia butuh asupan makanan dan nutrisi. Susan Alber, seorang penulis EatQ mengatakan, bahwa lapar jenis ini ditandai dengan gula darah rendah, sakit kepala, dan tidak bertenaga. 

Lapar bosan

Lapar jenis ini sering terjadi karena bingung harus melakukan apa. Pada akhirnya membuka kulkas, lalu mengunyah apa yang ada di sana. Alihkan hal itu dengan beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan. Seperti membaca majalah, menikmati udara luar, mengobrol bersama teman dekat atau berjalan dengan hewan peliharaan. 

Lapar marah

Saat dalam keadaan marah, orang cenderung ngemil makanan yang manis-manis. Ini karena pemikiran sedang tidak fokus dan mudah marah. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan karbohidrat sehat, seperti buah atau biskuit gandum untuk mengembalikan kadar gula rendah.

Lapar stres

Saat pikiran sedang tidak fokus dan stres, Anda akan lebih memilih makan keripik atau kue-kue manis dibanding buah atau makanan sehat lainnya. Journal of Consumer Psychology menjelaskan, lebih baik alihkan dengan makan buah untuk membantu otak tetap terdorong secara alami dan dimanjakan meski suasana hati buruk. Tidak akan terjadi kenaikan berat badan dan diet Anda tetap berjalan lancar

Lapar PMS

Saat PMS, ada perubahan terhadap hormon wanita dan membuat nafsu makan lebih tinggi. Jangan dihindari karena itu akan sangat sulit, lebih baik ganti menu "ngidam" Anda. Perhatikan tanda lapar yang dirasakan. Gejala ini lambat laun akan memudar dan seimbang kembali. (ms)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya