Ini Alasan di Balik Nyeri Payudara

Ilustrasi payudara
Sumber :
  • iStockphoto
VIVAlife
Prodi Teknik Sipil dan Elektro UMB Raih Akreditasi Unggul
- Payudara merupakan organ penting dalam tubuh wanita. Untuk itu, banyak wanita merasa khawatir, ketika merasakan nyeri di bagian tubuh ini. Secara normal, nyeri pada dada memang kerap terjadi.

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun

Beberapa wanita sering menghadapi nyeri pada bagian dada, atau payudara. Terutama, saat memasuki masa menopause. Hal ini wajar terjadi, karena adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.
Pria di Florida Todongkan Pistol ke Pegawai McDonald's Hanya Gegara Saus


Tak hanya saat memasuki masa menopause saja, nyeri payudara sering dirasakan. Berikut, beberapa alasan lain, mengapa sering timbul nyeri pada bagian payudara seperti dilansir
Boldsky:


Ketidakseimbangan hormon


Nyeri pada payudara terjadi, karena perubahan hormonal, atau ketidakseimbangan dalam tubuh. Umumnya, ini terjadi karena siklus menstruasi, kehamilan, dan menopouse. Kurangnya hormon estrogen, sebabkan nyeri pada payudara. Stres juga dapat memengaruhi nyeri tersebut.


Bra ketat


Memakai bra yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan nyeri pada payudara. Ini, karena bra tidak dapat memberi ruang bagi payudara untuk bernapas. Ini juga menjadi normal, ketika payudara Anda semakin bertumbuh tapi itu tidak disadari.


Olahraga


Saat Anda berolahraga di rumah, cenderung lupa mengenakan bra. Ini dapat memengaruhi nyeri pada payudara.


Kafein berlebihan


Banyak wanita yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kafein secara berlebihan. Nyeri pada payudara bisa dipengaruhi oleh hal tersebut. Sebaiknya kurangi konsumsi kafein untuk menghindari sakit pada payudara.


Efek samping obat

Beberapa obat memiliki efek samping dalam produksi estrogen tubuh. Hormon ini penting untuk fungsi payudara yang tepat. Sebaiknya Anda mencari obat yang tidak menimbulkan efek samping dan alergi pada tubuh. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya