Ini Rahasia Menjaga Tumbuh Kembang Anak

Seminar Kesehatan
Sumber :
  • Viva / Dhea Amanda
VIVA.co.id
Parasit Hidup di Tubuh Remaja Pria Ini
- Memastikan tumbuh kembang anak berjalan baik, adalah salah satu tugas yang harus dipenuhi orangtua, demi keberlangsungan hidup anak nantinya. Proses alami belajar dan tumbuh kembang tersebut, dapat berjalan dengan baik, apabila Anda sebagai orang tua memenuhi dua kebutuhan utama, yakni nutrisi dan stimulasi.

Tujuh Makanan 'Busuk' yang Menyehatkan

Menurut DR. Dr. Eddy Fadlyana, SpA(K)., M.Kes., nutrisi dan stimulasi adalah hal yang dibutuhkan anak selama 1000 hari pertama, terhitung dari momen sang anak masih di dalam kandungan ibu.
Enam Nutrisi yang Baik untuk Hati


"Pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang optimal, akan berpengaruh pada kecerdasan otak anak ketika dewasa," ungkapnya, ditemui dalam acara talkshow: "
The Power of Combined Nutrition for Seeing, Thinking, and Doing
." Bincang-bincang itu diselenggarakan Wyeth Nutrition di Jakarta, Selasa, 26 Mei 2015.

 

Eddy mengungkapkan, bahwa kedua kunci penting tersebut, nantinya akan memberikan dampak yang baik pada proses kognitif anak, seperti proses melihat, mendengar, berbicara, mengingat, hingga bertindak. "Dapat berpengaruh juga pada kemampuannya belajar dan bersosialisasi dengan lingkungan," ujarnya lagi.


Selain memastikan pemenuhan gizi, orangtua juga perlu aktif dalam menstimulasi tubuh bayi agar tumbuh kembangnya semakin baik.


"Ajaklah anak berinteraksi, meski saat masih di dalam kandungan. Perdengarkan musik yang bisa menjadi stimulan otaknya, dan selalu melakukan kontak fisik terhadapnya," kata Eddy. Hal ini perlu, karena kunci dari perkembangan optimal anak, dimulai dari lingkungan terdekatnya, yakni keluarga. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya