Betulkah Terlalu Banyak Konsumsi ASI Membuat Anak Gemuk?

Ilustrasi ASI
Sumber :
  • iStockphoto

VIVA.co.id - Cara merawat dan memastikan tumbuh kembang anak sangat beragam, belum lagi jika disandingkan dengan banyaknya mitos yang berkembang.

11 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih dan Susu

Salah satu mitos yang sering terdengar ialah, anak yang banyak mengonsumsi ASI cenderung mengalami kegemukan atau obesitas ketika dewasa. Apakah itu benar?

Menjawab hal ini, Dr. Djaja Nataatmadja, Senior Medical Manager dari PT. wyeth Nutrition Indonesia menyatakan, bahwa kelebihan ASI tidak akan membuat anak menjadi gemuk apalagi obesitas.

"Kandungan nutrisi dalam ASI, yakni DHA, adalah salah satu asam lemak esensial, yang tidak akan menyebabkan kegemukan bila dikonsumsi berlebihan," ujarnya di Jakarta, Selasa, 26 Mei 2015.

Cara Unik Pelatih Kebugaran Bantu Klien Kuruskan Badan

Hal ini dibenarkan Dr. Carol L. Cheatham, seorang peneliti dari Nutrilon Research Institutes, di University of North Carolina, yang menyatakan.

"Kelebihan ASI tidak bikin gemuk, kelebihan makan, baru bisa membuat anak Anda gemuk."

Asupan Sehat Agar Tulang Kuat

Carol juga berasumsi, bahwa kegemukan pada anak, disebabkan oleh asupan lain selain ASI yang mengandung banyak lemak, atau bisa juga karena makanan yang dikonsumsi sang ibu.

Kandungan asam lemak esensial yang berlebih, tidak akan menjadi tumpukan lemak yang berlebih dalam tubuh anak, sehingga tidak akan membuat anak obesitas. Untuk itu, baiknya para ibu selalu menjaga makanannya, karena apapun yang dimakan sang ibu, akan mengalir ke bayi.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya