Menguak Penyebab Batuk Saat Tidur

Ilustrasi wanita batuk
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Apakah Anda sering mengalami batuk di tengah malam saat tidur? Batuk saat malam hari akan mengganggu tidur Anda dan juga mengganggu orang lain di sekitar.

Batuk hanyalah upaya tubuh untuk membersihkan saluran udara. Apa yang menyebabkan batuk kering saat tengah malam? Flu atau dinginnya suhu udara juga dapat mempengaruhi paru-paru Anda.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Bahkan merokok dapat menjadi salah satu penyebab batuk di malam hari. Ketika tubuh Anda harus berjuang untuk menyingkirkan lendir yang terjebak dalam saluran udara, batuk pun menjadi parah.

Seperti yang dilansir dari laman Boldsky, ada beberapa penyebab yang membuat Anda batuk saat tengah malam.

Radang selaput lendir
Alergi dan sinusitis dapat menyebabkan batuk di malam hari. Jika Anda menderita sinusitis, lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat batuk tengah malam.

Kekurangan nutrisi

Jika diet Anda tidak memiliki nutrisi penting maka juga dapat menyebabkan batuk. Para ahli mengatakan bahwa kekurangan zat besi bisa menjadi salah satu alasan batuk saat tengah malam.

Asma
Ini bisa menjadi salah satu penyebab dari batuk saat malam hari. Beberapa orang yang menderita asma juga menderita batuk di malam hari.

Alasan sederhana

Jika udara di kamar tidur Anda kering, hidung dan paru-paru terasa gatal dan mengakibatkan batuk di malam hari. Anda dapat menggunakan alat uap untuk menangani kasus tersebut.

Asam refluks

Sebagian besar dari kita tidak menyadari bahwa batuk juga diderita saat mengalami asam refluks. Karenanya lebih baik mengkonsumsi makan malam yang ringan jika Anda mengalami asam refluks.

Obat
Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan batuk di malam hari. Jika Anda menggunakan mediasi, lebih baik berkonsultasi ke dokter mengenai batuk Anda sehingga dapat mendeteksi apakah ada efek samping dari obat tersebut.

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016