Kenali dan Waspadai Penyakit Kaki Gajah

Ilustrasi Gigitan Nyamuk
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kaki gajah, atau yang dalam istilah medis disebut dengan nama Filariasis, adalah penyakit yang cukup sering terjadi di Indonesia. Namun sayangnya, penanganan terhadap penyakit ini masih sangat minim sehingga mengancam nyawa penderitanya. Yang semakin menyulitkan penanganannya, ialah minimnya pengetahuan masyarakat tentang penyebab dan gejala dari penyakit ini.

Menurut Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama SpP (K), selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, penyakit ini sangat berbahaya, karena bisa dipicu oleh satu gigitan nyamuk saja.

Tujuh Makanan 'Busuk' yang Menyehatkan

"Kaki gajah adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing filaria, yang masuk melalui berbagai jenis nyamuk. Di Indonesia, sebanyak 70 persen kasus disebabkan oleh nyamuk jenis Brugia malayi," ujarnya, Selasa, 4 Agustus 2015.

Tidak seperti Malaria dan Demam berdarah, Tjandra menjelaskan, penyakit kaki gajah bisa menular dengan sangat cepat. "Sekali tergigit, maaka larva atau parasit tersebut langsung akan menular ke jaringan sistem lympa, yang lalu berkembang menjadi penyakit tersebut," katanya.

Tjandra juga mengatakan, penyakit ini termasuk penyakit yang menahun atau kronis, yang membutuhkan pengobatan sesegera mungkin. "Jika tidak segera ditangani, akan terjadi kecacatan seperti pembengkakan pada kaki, yang risikonya bisa terjadi pada wanita maupun pria," ungkapnya menambahkan.

Sebelum memberikan bahaya yang mengancam kesehatan Anda, waspadailah penyakit ini, dan segera tangani bila terjadi.

Wasir, Pria Ini Nekat Tancapkan Pedang Plastik ke Bokong
Narendra Kumar dan Parasit yang Ditemukan dalam tubuhnya

Parasit Hidup di Tubuh Remaja Pria Ini

Parasitnya bertulang, bergigi dan berambut.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2016