Cakram Gizi, Pedoman Penting untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Cakram Gizi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA.co.id - Di tengah serbuan berbagai jenis makanan dan olahannya saat ini, ternyata tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana memenuhi kebutuhannya akan gizi setiap hari.

Sekarang tidak perlu pusing membawa buku panduan gizi kemana pun, karena PERGIZI PANGAN Indonesia telah mengeluarkan panduan berbentuk cakram mungil, yang bisa dibawa kemanapun.

Panduan yang dibuat berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan pada 2015 ini dipelopori oleh Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof.Dr.Ir Hardinsyah, dan telah resmi diluncurkan oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dalam acara Puncak Peringatan Hari Gizi Nasional ke-56 di Jakarta, Selasa 22 Maret 2016.

"Banyak buku pedoman, banyak informasi berharga yang diletakkan di lampiran. Hal itu penting, tetapi orang tidak bisa baca dan tidak bisa mengerti. Di situlah tercetus ide untuk membuat lebih handy, lebih cepat tahu porsi gizi seimbang, membatasi lemak, garam," papar Prof.Dr.Ir Hardinsyah pada VIVA.co.id.

Sedangkan Menkes dalam sambutannya mengatakan, keberadaan cakram ini sangat memudahkan banyak orang untuk mengetahui kebutuhannya akan gizi. Untuk itu, cakram ini perlu diketahui banyak orang, tidak hanya oleh petugas kesehatan.

"Cakram ini tidak hanya diberikan pada petugas kesehatan, tapi juga diletakkan di sekolah-sekolah, restoran, tempat masyarakat berkumpul. Kita jadi bisa mengukur mana yang bisa kita makan, di restoran Padang terutama,"kelakar Nila dalam sambutannya.

Dari Cakram ini bisa diketahui berapa porsi makanan yang dibutuhkan oleh remaja hingga dewasa dan orangtua, kemudian ibu hamil dan menyusui. Selain itu juga ada cakram yang digunakan untuk panduan kebutuhan gizi seimbang, seperti diantaranya, lemak, minyak, gula atau pemanis, makanan pokok, lauk hewani

Cakram gizi ini sendiri ada terdapat beberapa jenis, mulai dari Cakram Edukasi Gizi Seimbang untuk pedoman porsi makan perempuan dan laki-laki di berbagai rentang usia. Kemudian Cakram pantau Tinggi Badan dan Berat Badan Anak, Cakram Indeks Massa Tubuh Dewasa, Cakram Fungsi Vitamin dan Mineral, Cakram Angka Kebutuhan Gizi, Cakram Alternatif Sarapan.

Cakram dalam bentuk handy ini bisa didapatkan di booth pameran PERGIZI PANGAN Indonesia yang ada di Balai Kartini selama Peringatan Hari Gizi Nasional 22 hingga 23 Maret 2016.

Ke depannya, Hardin berharap Cakram ini bisa ditempatkan di ruang publik. "Intinya di tempat publik untuk keluarga, agar orang bisa membaca dan paham, terutama kepala keluarga yang mandiri mengatur makannya." (asp)

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh
anak-anak

Sepuluh Tanda Anak Bergizi Baik

Tinggi dan berat badan sesuai usia, hingga postur tubuh tegap.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016