Lima Aktivitas Pagi Ini Bikin Anda Makin Produktif

Ilustrasi yoga bagian dari meditasi untuk detoks
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id – Ada orang yang punya kebiasaan bangun sangat pagi untuk mempersiapkan diri menjelang bekerja. Mulai dari meditasi, joging, membaca novel atau bahkan membuat masakan dan jus kesukaan.

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Tapi, itu semua butuh waktu tak sedikit. Anda tentu tidak ingin waktu istirahat tersita meski tujuannya untuk memacu diri menjadi lebih produktif.

Jangan cemas, berikut ini ada lima aktivitas simpel yang bisa dilakukan dalam waktu lima menit dan pastinya membuat Anda jadi makin produktif.

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

Tulislah apa hal yang bisa bikin hari ini jadi keren

Seperti dikutip dari Business Insider, seorang pakar mengatakan, menulis hal-hal yang bisa memotivasi diri sangat penting untuk memacu produktivitas. Tulislah pada buku harian Anda  satu atau dua kalimat mengenai hal yang bisa membuat hari Anda positif, produktif sekaligus unik.

Kegiatan Ekonomi yang Ternyata Dilarang dalam Islam

Lantas apa manfaatnya? Dengan menuliskan hal yang bisa membuat Anda senang dan positif, Anda akan memikirkan cara untuk mewujudkannya.

Baca juga: Fakta Kenapa Saat Kurang Piknik Kamu Bisa Mudah Stres dan Penyakitan

Meditasi

Banyak penelitian membuktikan bahwa meditasi dapat membantu seseorang mengatasi stres dan emosi negatif, serta menguatkan memori sekaligus kekebalan tubuh. Tapi, tahukah Anda bahwa meditasi bukan berarti duduk berjam-jam dalam keheningan.

"Duduk selama lima menit untuk mengosongkan pikiran akan menghasilkan efek luar biasa bagi hari Anda," tutur Ariel Banayan, seorang motivator.

Olahraga

Tidak perlu waktu lama untuk berolahraga. Lima menit setelah Anda bangun sudah cukup bagi tubuh dan pikiran Anda. Ada banyak alternatif olahraga yang bisa dilakukan dalam waktu lima menit diantaranya sit up, push up atau planking.

Menurut penelitian, olahraga sebelum sarapan  dapat memberikan dua keuntungan yakni menurunkan berat badan dan meningkatkan kapasitas energi seseorang. Dengan berolahraga rutin setiap hari, badan Anda akan jauh lebih kuat untuk menghadapi segudang aktivitas sehari penuh.

Rapikan ranjang Anda

Penulis buku The Power of Habit, Charles Duhigg, mengatakan kebiasaan merapikan tempat tidur segera setelah bangun pagi dapat meningkatkan produktivitas seseorang pada hari itu. Menurutnya, aktivitas sesederhana merapikan ranjang bisa menjadi batu pancang yang memicu reaksi munculnya kebiasaan baik lain, yang bisa dilakukan seseorang.

Baca juga: Lima Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Saat Memasuki Usia 24 Tahun

Buat daftar prioritas

Menulis daftar prioritas mengenai apa yang akan Anda kerjakan hari ini akan sangat membantu Anda untuk mewujudkannya. Dengan menuliskannya sesaat setelah bangun tidur, Anda memiliki panduan yang akan terus diingat selama sehari penuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya