Ketahui Saat Tepat Konsumsi Multivitamin

Ilustrasi suplemen.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Tubuh memerlukan berbagai vitamin dan mineral untuk bisa bekerja dengan baik. Berbagai sumber vitamin dan mineral bisa diperoleh dari konsumsi sayur dan buah yang dapat berperan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, serta mencegah berbagai penyakit degeneratif.

Suplemen Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh, Ini Saran Dokter

Sayangnya, banyak fakta menyebut, tingkat konsumsi sayur dan buah penduduk Indonesia masih jauh di bawah kebutuhan yang direkomendasikan. FAO atau organisasi Pangan dan Pertanian menyatakan konsumsi buah harus mencapai 73 kilogram per kapita per tahun.

Tidak hanya Indonesia, WHO atau Badan Kesehatan Dunia dan FAO bahkan memperkirakan sekitar 2 miliar orang kekurangan vitamin dan mineral.

6 Vitamin Penting untuk Kebutuhan Anak saat Pandemi

"Kebutuhan vitamin yang lengkap dan seimbang harus dapat tercukupi dengan baik, agar sistem di dalam tubuh tetap dapat terjaga dengan baik," kata Spesialis Gizi Klinik, Dr. Samuel Oetoro dalam media workshop dan peluncuran Centrum Multivitamin, di Restoran The Hook, Senopati, Jakarta Selatan, 31 Mei 2016

Namun, Samuel juga menyadari bahwa gaya hidup, serta padatnya aktivitas masyarakat perkotaan yang membuat sulit untuk menerapkan pola makan sehat.

Pengadaan Vitamin Rp2 Miliar untuk DPR Dibatalkan

"Konsumsi suplemen multivitamin dan mineral yang tepat, bisa menjadi alternatif solusi untuk mendukung kebutuhan vitamin dan mineral tubuh, dalam menunjang aktivitas sehari-hari, khususnya bagi masyarakat perkotaan."

Samuel juga menambahkan, bahwa multivitamin bisa dikonsumsi dengan vitamin lain untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang tidak terkandung di dalamnya.

"Antioksidan misalnya, kalau tidak didapat dari multivitamin, maka konsumsi vitamin C, karena vitamin C antioksidannya di atas 200 miligram, kita cari vitamin C yang 200 miligram, kemudian di-combine,” katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya