Pantangan yang Harus Dipatuhi Penderita Diabetes Saat Puasa

Berpuasa juga berpengaruh pada menurunnya tingkat gula darah.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Jumlah penderita diabetes dari hari ke hari kian bertambah. Bahkan data International Diabetes Federation (IDF) menyatakan, lebih dari 371 juta orang di dunia yang berumur 20-79 tahun menderita diabetes. Dan Indonesia merupakan negara urutan ke-7 dengan prevalensi diabetes tertinggi, di bawah China, India, USA, Brazil, Rusia dan Mexico.

Bolehkah Langsung Makan Nasi saat Berbuka Puasa?

Puasa Ramadan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang menderita diabetes. Apalagi makanan berbuka mayoritas adalah makanan dan minuman manis. Untuk itu penderita diabetes perlu tahu apa yang bisa dilakukan agar puasa tetap bisa dijalankan, namun tidak mengganggu kadar gula darah.

Ketua Divisi Departemen Endokrinologi dan penyakit dalam FKUI/RSCM, dr.Em Yunir,SpPD-KEMD dalam pembukaan Poliklinik Edukasi Diabetes Melitus terpadu di RSCM, mengatakan bahwa sebenarnya penderita diabetes tetap bisa berpuasa dan tidak ada makanan yang dipantang.

Tips Agar Tidak Kekenyangan Setelah Berbuka Puasa

"Semua makanan boleh, asal jangan karbohidrat tinggi. Apalagi karbohidrat sederhana yang berasal dari gula pasir atau gula merah. Kalau terlalu banyak, gula darah cepat naik."

"Disarankan tidak terlalu banyak karbohidrat, dan makan sesuai kebutuhan. Mereka harus tahu kebutuhan kalorinya berapa, itu jumlah yang seharusnya dikonsumsi, jangan lebih."

Tips Buka Puasa Anti Kalap Ala Desainer Jenahara

Lebih lanjut Em Yunir mengatakan, puasa itu justru bisa mengendalikan gula darah, karena konsumsi berkurang. “Yang pasti harus dijaga adalah saat buka puasa, jangan balas dendam dengan kompensasi makan sebanyak-banyaknya. Untuk obat, bisa diubah sesuai kebutuhan.”

"Kalau mau puasa, misal biasanya konsumsi satu obat, di switch, yang biasanya minum pagi, jadi sore saat berbuka. Kalau dua obat, minum di malam hari."

Ilustrasi sakit maag.

6 Tips Puasa Nyaman untuk Penderita Sakit Maag

'Haram'-kan gorengan untuk berbuka.

img_title
VIVA.co.id
24 Mei 2018