Waktu Olahraga yang Tepat Saat di Puasa

Ilustrasi olahraga treadmill
Sumber :
  • Pixabay/provideos

VIVA.co.id – Melakukan aktivitas olahraga saat di bulan puasa, sering membuat orang merasa lebih cepat lelah. Maka tak heran, ketika di bulan Ramadan, kegiatan sehat ini justru sering ditinggalkan.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Namun, dr. Setiyo dari MeetDoctor menyatakan, sebaiknya olahraga tetap dijalankan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jika khawatir kelelahan karena menjalankan olahraga di bulan Ramadan, sebaiknya pilih waktu yang tepat untuk menjalankan aktivitas sehat ini.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

"Waktu yang ideal untuk berlatih adalah 90 menit sebelum matahari terbenam, atau sebelum berbuka puasa," katanya pada VIVA.co.id.

Setelah sesi latihan moderat, tubuh tidak akan dapat mengisi cadangan glikogen yang terbakar selama latihan dengan segera, sehingga mengakibatkan gejala seperti pusing dan mual.
 
Berolahraga sebelum berbuka adalah sangat ideal, karena saat berbuka puasa, tubuh segera mengganti energi dan glikogen yang hilang saat berolahraga.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

"Berolahraga setelah berbuka puasa juga dianjurkan. Karena, hal ini dapat menjaga berat badan Anda."

Tak hanya itu, Setiyo juga meyakini, olahraga setelah berbuka puasa juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, serta melancarkan aliran darah. Namun, olahraga yang tepat dilakukan setelah buka puasa adalah olahraga yang ringan saja seperti peregangan otot, atau pun jalan kaki saat akan menunaikan ibadah salat di masjid. (asp)

Air kelapa

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Air kelapa adalah minuman alami yang menyegarkan dan lezat yang dikenal banyak orang sebagai minuman tropis yang menyehatkan dan memiliki manfaat untuk tubuh.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024