Tips Menjaga Asupan Makan Saat Lebaran

Ilustrasi makanan lebaran
Sumber :
  • Pixabay/naturepost

VIVA.co.id – Salah satu hal yang sulit dilakukan saat hari raya tiba adalah mengontrol makanan yang kita makan. Seringkali, menahan lapar dan dahaga selama satu bulan mendorong banyak orang menjadi kalap ketika hari raya tiba.

Waspada Penyakit yang Mengintai Setelah Lebaran

Namun, jika Anda tidak mengontrol asupan makanan dan menjaga pola makan Anda, Anda akan mengalami masalah kesehatan terutama di bagian perut.

Menurut laman International Business Times, Anda harus berhati-hati pada cara dan seberapa banyak yang Anda makan. Ingat, bahwa selama berpuasa 30 hari, fungsi usus Anda menurut dan tubuh Anda sudah beradaptasi dengan pola makan yang baru. Karenanya, tubuh Anda akan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan dalam jumlah yang sangat besar.

Lima Cara Jitu Menekan Rasa Lapar

Beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga jumlah dan pola makan Anda saat hari raya adalah:

Tantang Pola Makan Anda

Tujuh Tips Tetap Fit Sepanjang Hari

Apakah pola makan Anda berantakan? Ketahuilah bahwa makan berlebihan merupakan akibat dari rasa kelaparan dan diet. Nafsu makan yang tinggi itu menandakan tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Berkonsultasilah dengan ahli gizi Anda setelah hari raya.

Jangan lewatkan sarapan

Hal ini hanya akan membuat Anda makan terlalu berlebihan saat siang. Selain itu, jaga tubuh Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

Jauhi makanan berminyak dan tinggi lemak

Untuk itu mulailah menu makan Anda dengan salad ringan. Selalu masukkan sayuran atau buah di setiap waktu makan Anda agar sistem metabolisme Anda tidak terganggu yang biasanya terjadi akibat makan makanan berat berlebihan.

Atur jumlah garam

Jika Anda punya masalah jantung, atur jumlah garam pada makanan Anda. Idealnya, dalam satu piring terbagi untuk 1/2 sayuran dan salad, 1/4 protein dan 1/4 karbohidrat.

Jangan makan semua makanan

Seberapa menggugahnya semua makanan yang Anda, makanlah setiap jenis makanan satu sendok saja, ini baik untuk pencernaan Anda. Kunyahlah sampai benar-benar lembut baru menelannya, dengan begitu otak Anda akan punya cukup waktu untuk mengirim sinyal kapan Anda merasa kenyang, atau masih lapar.

Jangan terlalu cepat menghabiskan makanan

Jika Anda menghabiskan makanan Anda hanya dalam lima menit, Anda tergoda untuk makan lagi dan akibatnya merasa sangat kekenyangan setengah jam berikutnya. Menurut Dr David Forecast, konsultan gastroenterologis di London Clinic, setidaknya butuh waktu 20 menit untuk menghabiskan sepiring makanan jika Anda mengunyahnya dengan benar.

Selain itu, Dr David juga menganjurkan agar Anda berdiri beberapa waktu setelah makan. Jika Anda merasa nyaman dan tidak kekenyangan saat berdiri, artinya Anda sudah makan dengan cukup.

Ingat, Idul Fitri bukanlah hari di mana Anda bisa makan berlebihan, tapi hari di mana Anda bertemu dan bersilaturahmi dengan keluarga serta kerabat. Jadi, makanlah dengan bijak agar Anda bisa tetap berbahagia merayakan Hari Kemenangan bersama orang-orang tercinta dan bukan di rumah sakit.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya