Lima Cara Jitu Menekan Rasa Lapar

Ilustrasi sandwich atau roti isi
Sumber :
  • Pixabay/Lisy_

VIVA.co.id – Sering merasa sudah makan banyak tapi masih lapar? Atau sulit menghentikan keinginan untuk terus mengunyah walaupun sudah larut malam? Jika iya, maka keinginan untuk makan tersebut bisa dihentikan dengan beberapa cara ampuh ini.

Makan 1 Telur Tiap Hari Cegah Penyakit Stroke dan Jantung

Dikutip dari laman Dailymail, keinginan untuk terus makan, biasanya berdampak pada pilihan makan yang tidak sehat seperti junk food. Padahal, efeknya bisa sangat buruk bagi area perut Anda.

Para ahli nutrisi memaparkan cara yang ampuh untuk bisa menghentikkan keinginan makan tersebut.

Bayi Makan Telur Tiap Hari, Ini yang Terjadi pada Otaknya

1. Tidur yang cukup
Lily Scoutter, ahli nutrisi, menerangkan bahwa tidur yang kurang berdampak fatal bagi rasa lapar yang tiada henti. Sehingga, Lily menyarankan untuk menghabiskan waktu setidaknya satu jam sebelum tidur setiap malamnya untuk menghasilkan hormon leptin.

Ia menjelaskan leptin merupakan hormon yang dapat menekan keinginan untuk makan terus menerus. Oleh sebab itu, waktu yang dihabiskan di atas kasur sebelum tidur lelap, bisa menekan rasa lapar.

10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

2. Tea-time
Minuman super ini diyakini mampu menjadi energi lebih untuk kesehatan tubuh Anda. Berikan asupan dua sampai tiga cangkir teh hangat untuk membuat tubuh berhenti untuk makan makanan yang tidak sehat.

Teh yang disarankan yaitu teh hijau atau green tea yang juga mampu menyeimbangkan gula darah di tubuh. Lily berujar bahwa teh hijau ternyata juga bisa menurunkan kadar kolesterol yang jahat bagi tubuh.

3. Telur sebagai cemilan
Telur diketahui merupakan menu sarapan yang kaya akan protein, apalagi lemak baiknya bisa bermanfaat untuk tubuh saat dimasak dengan cara direbus. Shona Wilkinson, ahli nutrisi Superfood, UK, menyarankan untuk mengenyam telur sebagai camilannya sehari-hari.

Menurutnya, telur rebus mampu menjadi camilan yang mudah dinikmati di manapun. Apalagi, hal tersebut memiliki dampak yang baik untuk menekan keinginan untuk makan makanan lainnya.

4. Sarapan yang cukup
Sarapan dengan porsi besar dan juga bergisi akan sangat mempengaruhi keadaan sistem pencernaan Anda sehari-hari. Salah satu yang disarankan untuk sarapan yaitu gandum, karena mampu menekan keinginan makan selama satu hari penuh.

Gandum dengan kandungan serat dan protein yang baik bagi tubuh bisa menjadi penekan rasa lapar dan keinginan untuk memakan makanan yang mengandung gula tinggi.

5. Unggah makanan Anda
Cara ini memang unik namun diyakini ampuh menekan keinginan untuk makan. Dr Marilyn Glenville, pemimpin ahli nutrisi dan pemilik Natural Alternatives To Sugar, berujar bahwa mengambil gambar makanan dengan kamera sebelum Anda mengonsumsinya sudah diteliti oleh para peneliti.

Hasilnya ternyata ampuh untuk menekan keinginan makan berlebih karena dengan mengunggah di akun Instagram Anda, membuat Anda kembali berpikir ulang untuk semua kandungan dari makanan tersebut. Mengambil gambar dari hidangan lezat Anda tersebut diyakini mampu membuat Anda ingin memilih dan membeli makanan lain yang lebih sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya