Trik Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Makanan

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bagaimana Anda bisa menurunkan berat badan tanpa mengubah apa yang dimakan? Hal ini mungkin terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tetapi Anda dapat memakai baju lebih kecil dengan cara pola tidur yang baik dan makan secara teratur, menurut penelitian terbaru.

9 Tips Menurunkan Berat Badan yang Benar dan Efektif

Sebuah pemikiran baru, yang dikenal dengan Chrononutrition, telah menemukan bahwa mengendalikan pola dan kebiasaan makan dapat memiliki efek mendalam pada penurunan berat badan tanpa mengubah apa yang Anda makan.

Ahli gizi dan diet klinis Mr. Filip Koidis, pendiri W1Nutritionist menjelaskan, manajemen berat badan yang sukses adalah tidak semua berhubungan dengan disiplin dan mengatakan 'tidak' untuk semua makanan yang menggoda Anda, karena perilaku semacam ini sangat sering mengakibatkan hasil negatif dan suka makan-makan.

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

"Untuk mencapai rasa kenyang adalah semua tentang mendapatkan hormon nafsu makan Anda untuk berfungsi normal, hal ini dipengaruhi oleh tidur rutin dan juga berolahraga," ujarnya.

Chrononutrition, tambah dia, meneliti bagaimana keteraturan, frekuensi, dan waktu jam makan memengaruhi jam internal tubuh, serta hasil kardiometabolik.

11 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

"Ini subjek yang relatif baru, menggabungkan Chronobiology dan gizi. Tetapi, ini membuktikan penting dalam penurunan berat badan," Mr Koidis menjelaskan.

Berikut, beberapa trik untuk dapat menurunkan berat badan tanpa diet, seperti dilansir laman Dailymail.

Pentingnya tidur

Tidur nyenyak sangat penting untuk menurunkan diet yang baik. Tidur tujuh jam per malam, merupakan maksimal yang harus dilakukan. "Tidur lebih awal memiliki respons 25 persen lebih baik dalam diet, baik alasan psikologis dan fisiologis," kata Mr Koidis.

"Jika Anda tidur dengan baik, Anda akan cenderung untuk membuat pilihan makanan yang lebih baik (lebih rendah kalori), dan akan menghasilkan diet yang lebih seimbang," tambah Mr Koidis.

Di sisi lain, jika tidur Anda terganggu, karena stres atau shift kerja, produksi kortisol akan berpengaruh, yang dapat memengaruhi banyak fungsi tubuh, seperti metabolisme dan regulasi sistem kekebalan tubuh."

Makan ringan di malam hari

Orang yang makan berat pada malam hari, tidak akan terbakar secara sempurna, hal ini dapat mengakibatkan bertambahnya berat badan. "Waktu makan adalah masalah utama masyarakat saat ini, dan makan pada malam hari seharusnya tidak dilakukan," kata Mr Koidis. 

Satu studi membandingkan dua kelompok yang makan 1.400 kalori pada pagi dan malam hari, menemukan bahwa makan pagi atau sarapan dapat menurunkan berat badan lebih besar dan pengurangan lingkar pinggang daripada makan pada malam hari.

Selanjutnya>>>

*

Minum alkohol

Anda mungkin telah diperingatkan untuk tidak minum pada waktu perut kosong. Tetapi, menurut Mr Koidis, ketika berbicara masalah aturan manajemen berat badan, hal itu adalah benar.

Alkohol dapat mengganggu metabolisme tubuh Anda dan berhenti memproses makanan yang ada dan mulai bekerja membuang alkohol," katanya.  

Jadi, menggabungkan alkohol dengan makanan tidak baik untuk membuat berat badan Anda turun.

Ingat ketika makan

Makan siang hanya sebentar mungkin terdengar sehat daripada duduk sambil makan lama, tetapi makan cepat bukan ide yang baik. Merasa kenyang dikendalikan oleh pikiran. Menurut penelitian, dibutuhkan 21 menit untuk memberikan sinyal kenyang ke otak dari perut. 

"Mengingat makan sangat penting untuk manajemen berat badan, dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan dengan penuh kesadaran menghasilkan rasa kenyang yang lebih besar, meningkatkan pengalaman makan, dan respons hormonal yang lebih baik," kata Mr Koidis.

Jadi, bagaimana cara makan siang yang baik? "Fokus pada makanan Anda dan singkirkan setiap gangguan seperti majalah, televisi, atau telepon," kata Mr Koidis.

"Tujuan utamanya adalah untuk merasa kenyang secara alami, sehingga Anda tidak perlu memaksakan diri untuk berhenti makan," ucap Mr Koidis. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya