Unik, Ada Mobil Donor Darah Bertema Hello Kitty

Ilustrasi ambil darah
Sumber :
  • REUTERS/Tommy Trenchard

VIVA.co.id – Ada beragam cara untuk mengajak orang berbuat kebaikan terhadap sesama. Baru-baru ini, di Tiongkok, sebuah mobil bertema Hello Kitty, baru saja diluncurkan untuk menarik perhatian orang-orang untuk mendonorkan darahnya. Mobil donor darah Hello Kitty ini berlokasi di Jing’an Park di Shanghai.

Perempuan Jenggala Adakan Donor Darah, Pangdam Jaya Bilang Begini

Mobil bus dengan desain dan interior bernuansa Hello Kitty ini mampu menarik perhatian banyak masyarakat untuk ambil bagian dalam donor darah. Donor darah ini dilakukan untuk membantu jutaan pasien yang kekurangan darah di Tiongkok.

Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi dari The Hello Kitty Corporation dan Shanghai Blood Center. Secara khusus, mobil donor darah Hello Kitty ini berhasil menarik sukarelawan berusia 20 hingga 29 tahun.

Mengikuti Keseharian Krisdayanti, dari DPR sampai Olahraga Wushu

Menurut laman Yibada, ini adalah kali kedua kegiatan ini diadakan. Pada 2008, mereka berhasil menggaet kurang lebih 8.000 sukarelawan untuk mendonorkan darahnya selama 45 hari.

Usaha ini juga mendapatkan respons positif dari masyarakat, seperti yang dikatakan oleh Zhang Xi, wakil direktur Shanghai Blood Bank. Ia mengatakan bahwa donor darah tidak hanya mendorong untuk meningkatkan persediaan darah, tapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan hidup seseorang.

Prananda Ajak Milenial Kasih Kontrubusi ke Negara Buat Akhiri Pandemi

Kampanye Shanghai Blood Bank yang tengah berlangsung menargetkan untuk menghentikan praktik jual beli darah di pasar gelap.

Pemerintah juga telah mencekal praktik jual beli darah dan berharap pada banyak orang untuk mendonasikan. Karena terbatasnya jumlah volunteer, banyak pasien yang tidak tertolong dan jatuh sakit. Pasien kemudian dipaksa harus ke ‘bloods heads’.

‘Blood Heads’ adalah individu yang menjual sertifikat, sehingga pasien mempunyai akses untuk menggunakan penyimpanan darah. Menurut aturan hukum yang berlaku di China, hanya pasien yang bersertifikat yang bisa mendapatkan darah.

Seorang pensiunan pegawai negeri dari Shanghai mengatakan, "Bagi kami pasien, membeli darah bisa memecahkan masalah kita. Jika tidak ada kepala darah, apa yang akan saya lakukan?"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya