Serangan Jantung Juga Terjadi pada Anak

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Seringkali, penyakit jantung menyerang kaum lanjut usia. Namun, perlu diwaspadai bahwa usia muda bahkan anak-anak juga bisa mengalami penyakit jantung terutama Fibrilasi Atrium (FA).

Polisi Ungkap Detik-detik Penemuan Ibu dan Anak Tewas Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

Fibrilasi Atrium adalah kondisi ritme jantung yang tidak normal. Kondisi ini biasanya terjadi tanpa diketahui penyebab pastinya. Pada usia muda, kondisi tersebut dinamakan Lone Atrial Fibrilation atau Sorangan FA yang juga bisa menimpa anak-anak.

"FA (Lone AF) terjadi tanpa sebab, biasanya terjadi di usia muda. Ada yang usia 15 tahun sudah terserang FA," ujar Dr. dr. Yoga Yuniadi, SpJP(K), dalam diskusinya Kenali Fibrilasi Atrium (FA) untuk Mengurangi Risiko Stroke di RS Jantung Nasional Harapan Kita, Jakarta, Senin, 25 Juli 2016.

Kaya Protein Hingga Cegah Stroke, Jangan Lupa Masukkan Seafood ke Menu Ramadhan

Selain itu, pada anak juga bisa disertai penyakit jantung bawaan yang menjadi pemicu terbentuknya FA. Hal tersebut patut diwaspadai agar anak bisa mendapatkan penanganan yang cepat.

"Misal ada lubang di sekat antara serambi kanan dan kiri jantung, nah itu disebut Atrial Septa Defect (ASD)," tambahnya.

Wafat di Usia 97 Tahun, Solihin GP Sempat Enam Kali Alami Stroke hingga Lumpuh

Meski demikian, proporsi dari kejadian tersebut terbilang kecil. Apalagi, angkanya memang tidak sebanyak kondisi FA pada dewasa yang diakibatkan penyebab lain.

"Proporsi Lone AF kecil, di bawah lima persen kejadiannya. Kebanyakan FA terjadi karena penyebab sekunder yang menimpa orang dewasa," kata dia.

Proses Evakuasi Jasad Suami Bakar Istri di Jayapura. (Foto:Damkar Kota Jayapura)

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Suami di Jayapura Bakar Istri hingga Hangus Gara-gara Sakit Stroke

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024