Mengatur Waktu Makan yang Tepat untuk Anak

bekal anak
Sumber :
  • Pixabay/strecosa

VIVA.co.id - Asupan untuk anak harus melalui berbagai perhitungan yang dianjurkan. Untuk itu, susunan gizi seimbang pada anak mulai diberikan saat sarapan hingga waktu makan malam.

Ditemui dalam acara Dokter Kecil Mahir Gizi 2016 Hadirkan Versi Online, Dr. dr. Yustina Ani Indriastuti, M.Sc, SpGK mengatakan peran orangtua untuk mengatur waktu makan pada anak sangat penting dalam mendukung perkembangan tubuhnya dengan gizi seimbang.

"Berikan tiga kali makan utama dan tiga kali makanan ringan disela-selanya," ujarnya pada VIVA.co.id yang ditemui di Kemendikbud, Jakarta, Rabu 3 Agustus 2016.

Menurutnya, sarapan dimulai pukul enam hingga tujuh pagi harus diberikan rutin agar anak terbiasa. Setelahnya, makan siang bisa diberikan pada pukul 12 hingga pukul 1 siang.

"Berikan makanan camilan disela-sela sarapan dan makan siang, lalu di saat sore hari dan sebelum anak tidur. Pastikan makanan ringannya bergizi," jelasnya.

Lebih lanjut, pemberian makanan selingan tersebut usahakan dalam jeda tiga hingga empat jam sekali diantara jam makan pokok. Kemudian, untuk makan malam sendiri biasakan dimulai pada pukul enam hingga tujuh malam agar kondisi pencernaannya sudah siap.

"Disarankan memberi snack agar anak tidak begitu kalap saat makan makanan pokoknya," kata dia.

Si Mungil Keranjingan Games

(ren)

Peresmian PAUD Percontohan

Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca

Orangtua bisa menstimulasi word smart anak dengan cara membaca.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016