Mengenal Lima Jenis Virus Hepatitis

Ilustrasi/Petugas kesehatan
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Hepatitis Masih Picu Diskriminasi di Kalangan Pekerja
- Penyakit hepatitis terjadi akibat adanya peradangan di organ hati, yang diakibatkan oleh beberapa hal. Penyakit ini pun memiliki lima jenis, yang masing-masing ditularkan dengan cara yang berbeda.

Akibat Konsumsi Sushi, Hepatitis A Mewabah di Hawaii
Penyebab dari peradangan pada organ hati disebabkan oleh bakteri, virus hingga obat-obatan yang menyebabkan infeksi. Namun, hepatitis sendiri memiliki lima jenis yang berdampak bahaya yang sama pada organ hati.

Kerugian Besar Akibat Hepatitis
"Hepatitis ada mulai dari A, B, C, D hingga E. Tapi, perlu diketahui perbedaannya terlihat dari family virusnya dan cara penularannya," ujar spesialis hati, dr. Irsan Hasan, SpPD-KGEH pada awak media di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa 9 Agustus 2016.

Pada virus hepatitis A, cenderung berkembang biak karena kurang dalam memperhatikan kebersihan lingkungan. Misal, pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak, makanan yang tercemar, hingga sanitasi buruk.

"Berbeda dengan B dan C yang berkaitan dengan cairan tubuh. Kalau B juga cenderung menurun secara vertikal yaitu ibu ke anak," jelasnya.

Untuk Hepatitis D dan E, jarang terjadi sehingga tidak terlalu menjadi prioritas dalam melihat proses penyebarannya. Namun, perlu dipahami bahwa Hepatitis B dan C memiliki kecenderungan dalam penyebab terjadinya sirosis hati.

"Yang bahaya itu B dan C, karena bisa mengakibatkan hati membeku atau sirosis hati lalu berubah menjadi kanker hati yang akhirnya kematian," kata dia.

Mudahnya penyebaran virus hepatitis tersebut, sehingga hanya antibodi atau imunitas yang tinggi yang dapat melawannya. Sehingga, sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi sejak usia dini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya