Merekam Kegiatan Menyikat Gigi Tingkatkan Kesehatan Mulut

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, kalau merekam video selfie sambil menggosok gigi dapat membantu Anda memahami bagaimana meningkatkan teknik menjaga kesehatan mulut.

Atlet Rentan Alami Kerusakan Gigi, Awas Bisa Berdampak ke Seluruh Tubuh

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Indian Journal of Dental Research, para peneliti melihat adanya peningkatan dalam akurasi menggosok, jumlah gosokan, dan delapan persen peningkatan dalam kemampuan menggosok gigi sambil merekam video selfie.

"Video dan foto selfie terus meningkat penggunaannya di dunia sebagai cara untuk melakukan penilaian, monitor, dan menentukan perkembangan penyakit dan perawatan yang efektif, era baru dalam pengambilan data yang dikenal dengan kesehatan mobile atau 'mHealth'," kata Lance T. Vernon, peneliti di Case Western Reserve University School of Dental Medicine seperti dikutip laman Boldsky.

Mengenal Teknologi System Protective Layer (SPL) untuk Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Menurut hasil penelitian tersebut, aktivitas merekam video selfie mungkin dapat mengganggu kebiasaan yang sudah tertanam, membuat partisipan lebih menyadari kegiatan menggosoknya dan memaksa perubahan kebiasaan, termasuk proses formasi memori, asosiasi, dan membantu otot memori baru.

Sebelum memulai penelitian, kebiasaan menggosok gigi para partisipan dinilai dan diperbaiki sampai setiap orang bisa mempraktikkan teknik menggosok gigi yang benar. Selama penelitian berlangsung, mereka diberi skor pada waktu yang dibutuhkan untuk menggosok gigi dan penguasaan kemampuan menggosok gigi, yaitu gerakan memutar, membuat sudut 45 derajat ketika menggosok bagian muka dan memperbaiki posisi lengan.

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

Ke depan, para peneliti membayangkan diciptakannya aplikasi pengawasan berbasis video yang dapat merekam aktivitas menggosok gigi pasien di rumah yang nantinya akan ditinjau oleh para profesional kesehatan mulut.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa, di masa akan datang, merekam video selfie dapat membantu mengubah investasi yang dilakukan saat ini dalam meningkatkan teknologi dalam menggosok gigi. Pasien nantinya dapat menerima masukan dari para ahli kesehatan gigi."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya