Sebelum Digunakan, Ini Cara Steril Bersihkan Sikat Gigi

Ilustrasi sikat gigi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Ketika Anda mengambil sikat untuk menggosok gigi di pagi hari atau malam hari sebelum tidur, Anda mungkin tidak menyadari bahwa sikat gigi itu dipenuhi oleh kuman.

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

Anda perlu tahu bahwa sikat gigi yang sudah digunakan akan dipenuhi organisme mikroba mulut, virus, dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Dikutip laman Boldsky, pada sikat gigi yang kotor terdapat banyak kuman menjijikkan yang berbahaya. Tapi, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan sikat gigi dan menjauhkannya dari kuman.

Sudah Rajin Dibersihkan, Bau Mulut Tanda Ada Penyakit?

Yang perlu Anda ketahui adalah selalu cuci tangan, menggunakan sabun dan air panas sebelum memegang sikat gigi. Selain itu, sikat gigi Anda juga harus dicuci dengan air hangat yang mengalir selama beberapa detik sebelum dan setelah digunakan.

Salah satu cara terbaik untuk menjauhkan sikat gigi dari kuman adalah membersihkannya menggunakan campuran satu sendok teh hidrogen peroksida dengan satu cangkir air dan putar sikat gigi Anda ke dalam campuran itu setidaknya selama 30 detik sebelum digunakan. Kemudian bilas sikat gigi dengan air panas. Selain hidrogen peroksida, Anda juga bisa menggunakan mouthwash yang mengandung alkohol.

Bangun Tidur Jangan Langsung Sikat Gigi, sampai Gejala COVID-19

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan sikat gigi adalah dengan merendamnya di larutan air cuka. Cuka akan membunuh sebagian besar kuman dan bakteri. Selain itu, air mendidih juga bisa digunakan untuk membersihkan sikat gigi.

Caranya, masukan sikat gigi Anda ke dalam secangkir air mendidih. Untuk hasil yang optimal, diamkan sikat gigi Anda di dalam cangkir air panas itu selama 3-5 menit.

Pemutih juga bisa menjadi cara efektif lain untuk menjaga kebersihan sikat gigi Anda. Putar sikat gigi dalam cairan pemutih selama 30 detik dan setelah itu bilas dengan seksama sebelum digunakan.

Anda juga bisa memanfaatkan mesin pencuci piring untuk membersihkan sikat gigi secara berkala. Mungkin terdengar aneh, tapi mesin cuci ini bisa membersihkan secara mendalam dan membasmi kuman dan bakteri yang tidak diinginkan. Tapi, pastikan Anda menempatkan sikat gigi di rak paling atas untuk mencegahnya meleleh karena panas. Jalankan mesin cuci dengan putaran biasa dan gunakan deterjen mesin cuci piring.

Selain menggunakan cara membersihkan efektif di atas, perlu diingat juga bahwa Anda harus mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya