Langkitang, Limbah Pantai yang Mampu Putihkan Gigi

Ilustrasi langkitang
Sumber :
  • Pixabay/badcoconut

VIVA.co.id – Bagi Anda yang pernah mengunjungi atau tinggal di wilayah pesisir pasti sangat akrab dengan jenis siput laut bernama langkitang yang sering dijadikan sajian berbagai restoran seafood.

Kiat Alexandra Asmasoebrata Jaga Stamina dan Melestarikan Pembalap Perempuan 

Langkitang sering di temui di daerah pesisir Sumatra Barat. Langkitang adalah siput laut yang berasal dari jenis molusca dan termasuk dalam kelas gastropoda bercangkang hitam dengan panjang 4 cm. Langkitang ini selain memiliki daging yang lezat juga mengandung lemak, protein, kalsium, garam, dan fosfor yang baik untuk tubuh.

Sayangnya, olahan langkitang menjadi makanan lezat justru menyisakan banyak limbah kulit yang tidak dimakan. Padahal cangkang langkitang juga memiliki manfaat yang tak kalah  berguna dari dagingnya.

5 Kebiasaan Minum Sehat yang dapat Mencegah Diabetes, No 3 Paling Susah Dihindari

Manfaat terpendam dari cangkang langkitang inilah yang menginspirasi tiga siswa SMA 1 Padang untuk menciptakan produk pasta gigi dengan bahan dasar cangkang langkitang.

Dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 26 Agustus, ketiga siswa yang bernama Huwaid Azijah Nur, Lupi Asmeri Fadhilah, dan Putri Rizki  Fitriani menjelaskan, cangkang lankitang dapat dibuat menjadi pasta gigi yang mengandung kalsium cukup tinggi sehingga dapat menguatkan gigi.

Tips Bugar Ala Wanda Hamidah Hingga Fira Basuki

Selain cangkang langkitang, pasta gigi ini juga menggunakan bahan lain seperti sari jeruk nipis yang berkhasiat untuk membersihkan gigi dari kuman, sari tebu, sari pandan, dan rumput laut.

Temuan yang diikutsertakan dalam L'oreal Girls in Science ini juga menjadi salah satu langkah dalam menangani masalah limbah di wilayah pesisir pantai. Selain itu, ekonomi masyarakat pun juga ikut terangkat.

Petugas KPPS melakukan penghitungan suara/Ilustrasi.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Berikut adalah imbauan dan tips dari IDI sebagaimana disampaikan oleh Ketua Umum PB IDI, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024