Hati-hati Konsumsi Apel Berlebihan pada Balita

Buah apel merah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sayur dan buah memang menjadi makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi. Tapi, bagi balita terutama yang masih berusia di bawah satu tahun, konsumsi sayur dan buah tidak selalu baik untuk mereka.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Menurut dokter spesialis gizi klinik, dr. Monica Joice Viona Parasvati, SpGK, anak-anak usia 6-8 bulan sebaiknya jangan diberikan sayur atau buah terlebih dulu.

Kalaupun ingin memberikan buah, berikan hanya sebagai selingan saja dan berikan buah dengan tekstur lembut seperti pepaya, alpukat, atau tomat matang. Jika sudah lebih dari delapan bulan, baru Anda bisa memberikan buah yang memiliki tekstur agak kasar dan berserat.

Benjol di Kepala Anak, Perhatikan! Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

Pemilihan buah yang diberikan pun harus berhati-hati. Seperti buah apel yang meski baik untuk orang dewasa tapi pada balita justru bisa menyebabkan susah buang air besar.

"Hal ini bisa menyebabkan anak trauma dan tidak mau makan lagi buah ini. Yang salah, saat tahu anak susah buang air besar, orangtua malah memberikan sayuran supaya lancar. Akhirnya anak menjadi begah perutnya dan makin menolak karena setiap kali makan sayur perutnya jadi tidak enak," kata dr. Monica saat ditemui di sebuah acara akhir pekan kemarin.

Polusi Udara Masih Memburuk, Pakar Waspadai Risiko Alergi Meningkat pada Anak

Apel, lanjut dr. Monica, memiliki zat yang dapat mengentalkan kotoran. Karena itu, pada orang dewasa memakan apel bisa membuat kenyang lebih lama. Tapi kalau pada anak-anak, rasa kenyang akan membuat mereka tidak mau makan lagi.

Karena itulah, orangtua harus teliti dalam memilih makanan yang tepat bagi buah hati mereka. Asupan gizi dan nutrisi yang baik harus benar-benar diperhatikan pada 1.000 hari pertama usia anak yang dihitung sejak ibu dinyatakan hamil hingga usia dua tahun.

Gejala umum dari diare adalah demam bisa diukur dengan termometer bentuk stiker

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Gejala umum dari diare adalah demam, yang biasanya meningkat saat anak-anak semakin sakit. Di Jawa Barat, telah tercatat ribuan kasus diare dalam setahun terakhir.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024