Bahan Makanan Sehari-hari yang Berpotensi Menjadi Racun

Ilustrasi telur mentah.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Ketika tidak sengaja mengonsumsi makanan kadaluarsa dan berbakteri, biasanya tubuh menolaknya dengan munculnya reaksi dan gejala keracunan.

Terungkap, Lee Zii Jia Mundur dari Indonesia Masters 2024 Gegara Keracunan Makanan

Sunitha Tripathi, penata diet senior di Primus Super Speciality Hospital di Chanakypuri, New Delhi, India mengatakan bahwa pada kondisi tertentu misalnya suhu penyimpanan atau kemasannya yang tidak higienis dapat membuat makanan terkontaminasi bakteri atau jamur. Singkatnya, kontaminasi ini akan terjadi jika makanan tidak dimasak dalam proses masak atau disimpan dengan benar

Tripathi mengatakan bahwa keracunan makanan gampang terjadi, kebersihan adalah hal utama untuk menghindari hal tersebut, seperti mencuci tangan, menjaga kebersihan dapur, menggunakan alat masak yang tidak steril.

Geger Seorang Wanita Tewas Akibat Keracunan Roti, Kok Bisa?

Berikut tujuh makanan yang yang harus diperhatikan cara konsumsinya untuk menghindari keracunan makanan dikutip dari laman The Indian Express

Daging mentah atau setengah matang

Jangan Sembarangan Makan Roti Berjamur, Ini 3 Bahayanya Bagi Tubuh

Menurut Tripathi, daging yang tidak dimasak dengan benar,akan memicu keracunan yang disebabkan oleh bakteri Escheria Coli (E.Coli) dan salmonella.

Jamur

Kondisi makanan saat ditanam dan dirawat adalah faktor penting yang mempengaruhi kualitas makanan. Jamur segar biasanya tidak mengandung bakteri namun bisa terkontaminasi jika diberi pupuk yang tidak steril.

Sayur dan buah yang belum dicuci atau sudah dipotong

Tripathi menjelaskan bahwa mengonsumsi sayur dan buah yang belum dicuci atau sudah dipotong  terlebih dahulu bisa berbahaya untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dalam buah berkurang saat mereka dipotong sehingga membuat mereka tidak sehat untuk dikonsumsi.

Jus atau susu yang belum disterilkan

Bakteri berbahaya seperti Salmonella, E.Coli dan Listeria yang ada dalam jus dan susu yang belum disterilkan dapat menyebabkan keracunan makanan.

Tauge Mentah

"Banyak penyakit yang timbul akibat tauge mentah," ujar Tripathi. Mereka dengan sistem imun yang rendah harus menghindari konsumsi toge mentah. Bakteri pada tauge akan hilang saat dimasak.

Telur mentah

Konsumsi telur mentah adalah penyebab utama yang menyebabkan Samonella. Terutama pada cuaca yang hangat, telur mentah atau makanan yang terbuat dari telur dapat dengan mudah terkontaminasi Salmonella.

Makanan siap santap

Bakteri Listeria bisa ditemukan di berbagai makanan siap santap seperti sandwich bungkus atau keju. Seluruh makanan ini harus dikonsumsi sebelum tanggal kadalauarsanya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya