Hindari Empat Kesalahan Ini saat Memberi Makan Anak

Ilustrasi anak sarapan
Sumber :
  • Pixabay/ImageBG

VIVA.co.id – Segala cara dilakukan orangtua untuk membuat anaknya sehat, salah satunya dengan memenuhi nutrisi dalam masa pertumbuhan si kecil. Namun, tanpa disadari ada kebiasaan buruk orangtua lewat cara pemberian makan kepada buah hatinya. Misalnya menyuapi anak sambil membiarkannya beraktivitas.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Menurut Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si , seringkali orangtua menyampaikan cara yang salah ketika memberikan makan pada anak. Berikut beberapa cara pemberian makan yang kurang tepat yang sebaiknya dihindari oleh para orangtua.

1. Mencekoki anak makan sayur dan buah

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Hindari hal ini agar anak tidak trauma dan akhirnya memilih untuk tidak mengonsumsi buah dan sayur. Karena, hal tersebut akan tercantum di memori sehingga membuatnya menjadi kenangan buruk.

2. Menyuapi dan sambil jalan

Gara-gara Hal Ini, Gisel Pernah Dibuat Stres oleh Gampi

Ternyata, dengan menyuapinya, membuat anak jadi tidak memahami apa saja jenis makanan yang ada di piringnya. Terlebih jika sambil jalan, maka membuatnya menjadi tidak disiplin dan membuat ia tidak fokus untuk makan.

3. Sambil main dan nonton tv

Dengan membiarkan banyak mainan yang mengelilinginya selagi ia makan, membuat si kecil lebih memilih untuk bermain. Terlebih, konsentrasinya akan terpecah untuk nonton televisi dibanding untuk makan.

Selain itu, makan sambil nonton televisi membuat anak sulit membedakan kapan ia lapar maupun kenyang.

4. Memperbolehkan makan apapun

Seringkali, orangtua akhirnya menyerah dan membiarkan anak makan sesuai keinginannya agar anak tidak kelaparan. Padahal itu akan membentuk sifat anak yang sesuka hatinya sehingga sulit untuk menuruti orangtua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya