Bebas Kandungan Gluten, Ubi Ungu Aman Bagi Penderita Seliak

Ilustrasi ubi ungu
Sumber :
  • pixabay/skate

VIVA.co.id – Penyakit seliak merupakan suatu penyakit keturunan. Penyakit itu merupakan alergi karena intoleransi terhadap gluten (sejenis dengan protein). Mereka yang mengidap penyakit ini akan sulit mengonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung gluten sehingga menimbulkan efek perut kembung, diare, kelelahan, dan menghambat pertumbuhan pada anak-anak.

Manfaat Ubi Ungu untuk Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Kanker

"Penyakit seliak itu adalah penyakit karena metabolisme sulit mencerna gluten. Jadi pengobatannya harus mencegah makanan yang mengandun gluten," ujar Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS., yang ditemui di media gathering Kenali Berbagai Manfaat Ubi Ungu, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Senin 5 September 2016.

Gluten memang biasa terkandung pada tepung terigu, gandum, sereal, pasta, roti, saus dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut sering dipaparkan pada anak dalam bentuk olahan yang lezat. Untuk itu, sebagai penggantinya, Prof. Ali menyarankan penggunaan ubi jalar ungu yang ternyata mengandung non-gluten.

Godok Ubi Lumur Gula Pasir Ini Bikin Lidah Anda Berdecak

"Ubi jalar ungu mengandung non gluten sehingga pas untuk para penderita alergi gluten dan intoleransi dalam menyerap gluten," jelasnya.

Bahkan, ubi jalar ungu sendiri dapat diandalkan sebagai pemelihara kesehatan dan kebugaran tubuh. Sehingga para penderita penyakit seliak bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Ubi Ungu Efektif Atasi Kanker

"Bisa sebagai functional food yang berarti memungkinkannya menjadi pangan fungsional yang dapat menyembuhkan atau menghilangkan efek negatif dari penyakit tertentu. Dia memiliki kandungan energi lebih tinggi dibanding beras," kata dia.

kentang ungu

6 Khasiat Luar Biasa Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Kandungan antioksidannya 4 kali lebih tinggi dari kentang biasa.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2019