90 Persen Kanker Disebabkan Faktor Lingkungan

Ilustrasi/Petugas kesehatan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sudah banyak diketahui jika kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Di Indonesia, penyakit ini terus mengalami peningkatan jumlah penderitanya. Sebagian besar dikarenakan ketidaktahuan akan deteksi dini kanker dan gaya hidup yang tidak sehat.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Karena itu, edukasi penting dilakukan kepada masyarakat. Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru Wicaksono Sudoyo SpPD-KHOM, menjelaskan penyebab kanker adalah akibat paparan bahan-bahan karsinogen yang ada di sekitar kita.

"Kadang beberapa jenis virus tertentu juga. Tapi terutama 90 persen kanker disebabkan oleh lingkungan. Misalnya tahu yang Anda makan apakah tanpa formalin? Sambal yang dipakai kalau beli siomay, dan sebagainya. Jadi, dari hal-hal seperti itu," ujar Aru saat ditemui media di Artotel, Jakarta, Senin, 5 September.

Didiagnosis Kanker Pasca Operasi, Kate Middleton Jalani Kemoterapi

Terlebih lagi rokok yang menjadi salah satu penyebab paling besar dari berbagai jenis kanker, mulai dari kanker limfoma, kanker payudara, kanker paru, kanker usus besar, dan lainnya.

"Pernah ada yang tanya juga apakah stres menyebabkan kanker, saya katakan tidak. Karena kalau stres menyebabkan kanker mungkin sepertiga badan kita sudah penuh dengan benjolan-benjolan," imbuh Aru.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Sementara faktor keturunan, lanjut Aru, hanya memerankan bagian kecil saja dalam mengakibatkan kanker.

"Keturunan hanya lima persen. Sedikit sekali. Kalau limfoma kebetulan tidak ada faktor keturunan. Kalau kanker payudara ada faktor keturunan sekitar 6-10 persen," kata Aru.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya