Tiga Kebiasaan yang Bantu Anda Tertidur dengan Cepat

Ilustrasi wanita tidur.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Tidur merupakan aktivitas yang dapat memberikan rasa tenang dan mengembalikan kebugaran tubuh. Itulah sebabnya, waktu tidur yang cukup menjadi salah satu hal penting yang berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Tidur bahkan juga sangat berpengaruh pada kesuksesan penurunan berat badan.

5 Tips agar Tidur Nyenyak Usai Bekerja Seharian

Nah, jika Anda ingin mendapatkan ragam manfaat tidur, mulai dari bebas stres hingga memiliki tubuh yang sehat, berikut ini adalah tiga kebiasaan yang bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang cukup, seperti dilansir dari laman Alarabiya.

Ubah pola olahraga

Jus Ini Bikin Tidur Lebih Lelap, Kok Bisa?

Aktivitas fisik dapat menstimulasi hormon stres seperti kortisol dan adrenal yang dapat diproduksi setelah beberapa jam usai berolahraga. Tubuh yang memiliki hormon stres tersebut di sore hari, malah akan mencegah Anda tidur dengan mudah di malam hari.

Itulah mengapa sebaiknya upayakan berolahraga di pagi hari agar tidak mengganggu jadwal tidur di malam hari. Disarankan, saat petang, cukup berikan aktivitas untuk merelaksasi pikiran dan tubuh seperti pijat atau berendam dengan air hangat.

Bikin Tidur Lebih Nyenyak dengan Jus Ceri

Beranjak ke tempat tidur secepatnya

Ritme sirkadian atau jam alami tubuh mengatur Anda untuk tidur dan bangun selama periode 24 jam. Apalagi, siklus perbaikan tubuh secara fisik akan terjadi pada jam 10 malam dan 2 dini hari, sehingga penting untuk tidur di waktu-waktu tersebut.

Minimalisir paparan alat elektronik dua jam sebelum waktu tidur. Dengan begitu, akan membuat tubuh, khususnya otak otomatis memberikan rasa kantuk.

Camilan sebelum tidur

Secara umum makan sebelum waktu tidur tiba adalah hal yang tidak baik karena beberapa bahan makanan seperti protein memberikan rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan sehingga berdampak aktivitas tidur Anda.

Namun, tubuh juga akan kesulitan tidur saat perut kosong dan merasa kelaparan. Untuk itu, agar tidur bisa lebih nyaman, ada beberapa pilihan camilan sehat sebelum tidur mencakup segelas susu dengan satu sendok teh madu, segenggam buah stroberi, atau tiga sendok makan yogurt tanpa rasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya