41% Masyarakat Prancis Tak Percaya Vaksin

Ilustrasi vaksin atau jarum suntik.
Sumber :
  • Pixabay/PhotoLizM

VIVA.co.id – Masyarakat seluruh dunia meyakini manfaat baik imunisasi melalui aplikasi vaksin. Tapi tidak demikian dengan pendapat skeptis mengenai vaksin oleh masyarakat di negara Prancis.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Seperti diketahui, sudah cukup banyak penyakit yang mampu dicegah dengan penggunaan vaksin, seperti cacar air dan penyakit infeksi lainnya yang telah terjadi beberapa tahun belakangan ini. ya, pengaplikasian vaksin terbukti mampu menurunkan angka penyakit tersebut menjadi lebih rendah.

Dari sebuah studi, ditemukan hampir 66 ribu orang di 67 negara sangat percaya akan manfaat baik vaksin dan merasakan keamanan vaksin. Tapi, tidak dengan negara Prancis yang tidak sepenuhnya percaya akan manfaat baik dari vaksin.

Dokter Anak Internasional Gelar Workshop Champion Imunisasi, Ini Manfaatnya untuk Anak Indonesia

Tercatat, sebanyak 41 persen dari masyarakat yang telah ikut survei, tidak percaya akan keamanan vaksin. Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal EBioMedis, peneliti Heidi Larson dari Vaccine Confidence Project, London School of Hygiene & Tropical Medicine menuturkan bahwa sikap tersebut dikarenakan masih banyak masyarakat yang kurang yakin dengan efek samping vaksin.

Namun, kepercayaan masyarakat akan imunisasi ini sudah seharusnya digalakkan karena menjadi pencegah dari banyak isu kesehatan global. Terlebih, vaksin telah dikaitkan dengan pencegahan terjadinya wabah penyakit di AS, Eropa, Asia, Afrika dan turut menyumbangkan manfaatnya untuk membasmi penyakit polio, seperti dikutip dari laman Reuters.

Jelang Idul Fitri, Pemkab Purwakarta Siapkan Vaksin untuk Atasi Wabah PMK

"Penting untuk memonitor secara global akan sikap masyarakat dalam menanggapi vaksin, sehingga kami dapat mengidentifikasi negara yang tidak percaya akan manfaat baik vaksin, sehingga kami bisa terus memonitor negara tersebut agar tidak terjadi wabah," ujar Heidi.

Survei lain yang telah dilakukan juga menemukan bahwa Asia Selatan menjadi wilayah dengan negara-negara yang paling percaya akan manfaat baik dan keamanan dari penggunaan vaksin. Sehingga, Heidi percaya untuk terus melakukan kampanye di setiap negara agar semakin banyak orang yang percaya dengan keamanan vaksin.

Helena Lim

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Helena Lim, yang dikenal crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024