Debu Rumah Mampu Picu Kanker dan Masalah Kesuburan

Ilustrasi sistem kekebalan tubuh yang buruk
Sumber :
  • Pixabay/ Mojpe

VIVA.co.id – Jika membersihkan rumah, usahakan debu-debu yang luput dari pandangan seperti di langit-langit, di sudut rumah, atau di bawah karpet juga segera dibersihkan, karena menurut sebuah penelitian terbaru ditemukan bahwa debu yang menumpuk di sudut-sudut rumah bisa memengaruhi kesehatan secara signifikan.

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa, jika kita tidak membersihkan rumah dengan sangat seksama akan membuat penghuni rumah terancam bahan-bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker lewat debu yang menyebar di rumah.

Phthalates adalah zat berbahaya yang biasanya ditemukan pada barang-barang yang digunakan sehari-hari seperti bungkus makanan, hair spray, kosmetik, dan sabun, diketahui bisa mengakibatkan masalah kesehatan mulai dari asma, ADHD, hingga menopause dini.

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Para peneliti menemukan, zat-zat kimia yang terdapat dari produk tersebut akan terlepas ke udara dan menempel pada debu. Debu ini akan hinggap pada barang-barang di rumah atau lantai.

Para peneliti dari George Washington University menemukan jika puluhan zat kimia beracun ini bisa masuk ke dalam debu di rumah. Demikian seperti dilansir laman Daily Mail.

Dampak Fatal Tubuh Kekurangan Vitamin B Kompleks, Ibu Hamil Harus Hati-hati

Pada penelitian pertama, para peneliti mengumpulkan sampel debu yang dikumpulkan dari seluruh Amerika Serikat untuk mengidentifikasi zat kimia beracun yang ada di dalamnya.

Dari sampe tersebut ditemukan kalau zat kimia phthalate DEHP merupakan kandungan kimia tertinggi dalam debu diikuti dengan fenol yang juga banyak terdapat pada plastik, serta zat kimia pembuat api. Debu yang terkontaminasi zat kimia ini bisa berbahaya karena partikel kecil debu dapat terhirup lewat napas dan terserap lewat kulit.

Para peneliti memperingatkan, hal ini khususnya lebih berbahaya bagi bayi dan anak kecil karena mereka suka merangkak dan bermain di lantai berdebu kemudian memasukkan tangan mereka ke mulut.

"Hasil penelitian ini menyarankan agar orang-orang, dan khususnya anak-anak, berisiko terpapar berbagai zat kimia berbahaya setiap hari yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius," kata pemimpin penelitian Profesor Ami Zota.

Para peneliti menyarankan, cara terbaik menghindari paparan zat kimia yang menempel pada debu ini adalah dengan membersihkan debu secara seksama. Mereka merekomendasikan untuk menggunAkan vakum kuat, sering mencuci tangan dan menghindari produk perawatan dan rumah tangga yang mungkin mengandung zat kimia berbahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya