Enam Makanan Ini Baik Dikonsumsi saat Menstruasi

Buah apel.
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Menstruasi adalah fenomena alami yang dialami oleh setiap perempuan mulai dari masa puber hingga menuju masa menopause. Biasanya menstruasi terjadi empat hingga enam hari.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Selama masa ini, banyak terjadi perubahan hormon dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi di dinding rahim. Rasa sakit inilah yang kerap dikeluhkan oleh para kaum hawa.

Banyak perempuan yang mengalami ini akhirnya memilih untuk mengonsumsi obat-obatan atau minuman khusus untuk mengurangi nyeri saat menstruasi. Namun, ternyata obat-obatan tersebut bisa digantikan dengan beberapa makanan tertentu. Apa saja itu? Berikut di antaranya dilansir laman Boldksy.

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

1. Susu
Susu adalah bahan alami yang baik dikonsumsi saat menstruasi. Kalsium dalam susu dapat membantu Anda untuk meredakan kram secara efektif.

2. Almond
Almond juga baik dijadikan camilan saat menstruasi. Almon kaya akan vitamin E yang mampu meredakan inflamasi dan nyeri seketika.

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

3. Sayuran hijau
Jika Anda jarang mengonsumsi sayuran, setidaknya konsumsilah pada saat menstruasi. Sayuran hijau kaya akan zat besi yang berguna untuk melancarkan peredaran darah.

4. Apel
Salah satu bahan alami mengatasi nyeri menstruasi adalah apel. Konsumsilah apel secara teratur. Antioksidan dan serat dalam apel bisa mengurangi kram dan konstipasi saat menstruasi.

5. Cokelat hitam
Cokelat hitam kaya akan antioksidan dan baik untuk dikonsumsi selama menstruasi. Cokelat ini bisa mengurangi inflamasi dan nyeri dalam waktu singkat.

6. Pisang
Pisang juga dikenal baik untuk mengurangi kram, konstipasi dan memperbaiki suasana hati saat menstruasi karena kandungan magnesiumnya yang kaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya