Lakukan Peregangan Ini Setelah Bangun Tidur

Seorang laki-laki sedang tidur pulas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Anda yang senang berlama-lama di kasur setelah bangun tidur boleh merasa senang karena sejumlah ahli mengatakan melakukan sedikit peregangan setelah bangun bisa menghilangkan rasa enggan bergerak di pagi hari.

5 Manfaat Bangun Pagi, Terbebas dari Stres dan Mental yang Tidak Sehat

Selain itu, peregangan ini juga bisa melegakan rasa sakit dan meregangkan otot yang tegang. Karena itu, agar Anda siap memulai hari, lakukan beberapa gerakan peregangan berikut seperti dilansir laman Times of India.

Peregangan samping

Efek Positif Bangun Pagi, Terhindar Depresi Hingga Lebih Produktif

Duduklah dengan posisi kaki disilangkan. Ketika Anda meregangkan tangan ke depan, perlahan kaitkan jari-jari Anda. Telapak tangan Anda harus menghadap luar. Regangkan tangan Anda sejauh mungkin, kemudian perlahan angkat tangan Anda ke atas kepala. Jangan biarkan jari-jari Anda terlepas jalinannya. Kemudian secara perlahan miringkan tubuh Anda (dari bagian pinggang) ke arah kanan sejauh mungkin, lalu kembali tegak dan lakukan hal sama ke arah sebaliknya.

Gerakan ini akan meregangkan bagian atas tubuh Anda, bahu, tangan, dan bagian samping.

Lakukan Rutinitas Pagi Ini Seperti Putri Diana, Bikin Tetap Bugar

Memutar tulang belakang

Berbaringlah lurus. Kemudian, angkat satu kaki dan bawa lutut ke arah perut lalu tahan dengan tangan yang berlawanan. Selanjutnya, secara perlahan putar tulang belakang Anda bersamaan dengan lutut Anda yang ditarij ke arah lantai. Anda tidak perlu menyentuh lantai dengan lutut Anda. Kuncinya adalah mengangkat bahu Anda dari lantai ketika Anda meregangkan tulang belakang. Setelah kembali ke posisi semula, Anda bisa mengulang gerakan yang sama ke arah berlawanan. Gerakan ini akan meregangkan tulang belakang dan punggung Anda.

Mengangkat pinggul

Duduklah dengan kaki disilangkan dan letakkan kedua tangan Anda ke belakang Anda dengan telapak tangan rata dengan lantai dan jari-jari menunjuk keluar. Letakkan beban tubuh Anda pada tangan seiring dengan kepala Anda yang dimiringkan ke bagian belakang. Berikan tekanan pada telapak tangan ketika Anda mengangkat tubuh Anda dan bokong dari lantai, dan Anda mengangkat dada dan pinggul Anda menghadap langit-langit. Tahan selama beberapa detik, kemudian kembali ke posisi semula lalu ulangi lagi.

Peregangan panjang

Berdirilah tegak lalu angkat tangan ke atas kepala sambil menghirup napas dalam. Regangkan tangan Anda setinggi mungkin hingga Anda mengangkat tumit. Rasakan setiap tulang di tulang belakang membengkok satu per satu secara perlahan. Hindari membengkokan lutut Anda. Anda juga bisa merasakan bagian torso Anda meregang, dimulai dari leher hingga punggung atas, punggung tengah, punggung bawah, paha belakang, kaki, bahu, dan tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya