Peran Penting Protein pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan Bayi

Tangan bayi.
Sumber :
  • pixabay/stocksnap

VIVA.co.id – Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, bayi membutuhkan banyak nutrisi penting. Karena itu, asupan nutrisi harus sangat diperhatikan oleh orangtua.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Menurut Profesor Yvan Vandenplas, seorang peneliti independen dari Belgia, nutrisi yang penting bagi bayi dalam 1.000 hari pertama masa hidupnya adalah protein.

"Kita tahu nutrisi yang terlalu rendah tidak bagus karena akan membuat bayi malanutrisi dan menyebabkan pertumbuhan yang buruk. Namun, protein yang berlebihan juga tidak baik karena membuat faktor risiko pada kehidupan selanjutnya menjadi obesitas, hipertensi, dan penyakit metabolik," kata Yvan dalam acara diskusi media di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu, 21 September.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Karena itulah, Yvan menambahkan, bayi harus mendapatkan protein dalam jumlah yang tepat serta dengan kualitas yang baik.

Asupan protein yang tepat dan berkualitas pada 1.000 hari pertama kehidupan ini berperan penting dalam menentukan kondisi kesehatan anak pada kehidupan di masa tuanya. Bahkan asupan protein juga sudah harus diperhatikan sejak bayi masih berada di dalam kandungan.

Benjol di Kepala Anak, Perhatikan! Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

"Protein pada 1.000 (hari) pertama akan menentukan perkembangan fisik dan kognitif anak, serta dampak kesehatan seumur hidupnya. Nutrisi yang baik sejak awal kehidupan ini bahkan juga dapat menentukan kesehatan mereka pada saat berusia 60-70 tahun,"ujar Yvan.

Protein dengan jumlah yang tepat dan kualitas yang baik ini pada masa 1.000 hari pertama kehidupan bayi dampaknya tidak akan sama jika diberikan saat bayi sudah mulai dewasa.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya