Cara Lebih Efektif Selain Membandingkan Si Kecil

Ilustrasi kakak beradik.
Sumber :
  • Pixabay/HaiRobe

VIVA.co.id – Seringkali orangtua melakukan kesalahan dengan membandingkan sang buah hati dengan anak-anak lainnya. Padahal, cara tersebut dinilai tidak efektif untuk mendidik anak.

Parenting Natasha Rizky Jadi Sorotan, Netizen Sindir Desta

Banyak orang tua yang merasa bahwa dengan membandingkan anaknya, maka sang buah hati tergerak untuk ikut berubah. Namun, tidak sedikit anak yang tidak menyukai pola pikir orang tua tersebut.

"Anak punya kualitas pribadi yang berbeda-beda, jadi kalau membandingkan dengan anak lain, sebaiknya jangan dilakukan," ujar Psikolog Anak, Roslina Verauli, M.Psi., saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, 22 September 2016.

3 Pola Asuh Orang Tua yang Berbahaya dan Berdampak Buruk pada Anak

Lebih lanjut, kata Vera, karakter anak yang berbeda, membuat orang tua harus berpikir kembali untuk melakukan hal tersebut. Untuk itu, Vera menyarankan untuk melakukan alternatif cara lain.

“Kalau mau membandingkan, boleh-boleh saja asal bukan dengan anak lain tapi dengan dirinya sendiri. Misalnya, perilaku dia hari ini tidak sebaik kemarin, bisa diucapkan bahwa perbandingkan hari ini dan kemarin terlihat berbeda," ucapnya.

Soal Pola Asuh Anak, Rinni Wulandari dan Jevin Julian Pakai Cara Teamwork

Dengan begitu, maka anak bisa belajar dan memahami sendiri untuk perilaku mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak. Jika orangtua masih bingung menerapkannya, Vera berujar agar orangtua tidak malu untuk mau bergabung dengan komunitas atau seminar parenting.

"Biasa orangtua harusnya seminar atau training untuk kelas parenting karena ilmu pola asuh anak itu sangat penting," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya