Tujuh Fakta Mengejutkan soal Stretch Marks Perlu Anda Tahu

Stretch Marks
Sumber :
  • Pixabay/ Saildancer

VIVA.co.id –  Sekitar 80 persen orang, baik perempuan maupun laki-laki, seringkali mengeluhkan masalah stretch marks. Biasanya ini ditemukan di beberapa bagian tubuh.

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Stretch marks adalah guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh letak lemak terkonsentrasi, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, bokong, dan paha. Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu, tergantung pada warna kulit.

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut beberapa fakta yang perlu Anda ketahui mengenai stretch marks dilansir laman Boldsky.

Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari, Kenapa?

Hormon berperan dalam pembentukan stretch marks. Hormon membagi serat dan kolagen ke seluruh tubuh dan ketika hormon berfluktuasi, maka hal yang sama terjadi pada kulit sehingga perlahan menimbulkan stretch marks.

Stretch marks tidak hilang dengan diet. Jika stretch marks sudah mencapai level tertentu, atau sudah 'matang' maka tak ada satupun yang bisa Anda lakukan. Jika stretch marks masih berada dalam fase menuju matang, barulah diet atau olahraga dapat membantu Anda menghilangkannya.

Hati-Hati Jaringan Payudara Pria Membesar Membentuk Seperti Wanita, Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Pengaruh genetik

Stretch marks akan sulit dihilangkan jika munculnya disebabkan oleh faktor genetik. Jadi, meskipun Anda rajin berolahraga, minum cukup air dan rajin menggunakan losion, sangat kecil kemungkinan stretch marks tersebut akan hilang.

Permanen

Belum banyak yang mendengar mengenai hal ini. Tidak seperti luka, stretch marks tidak sepenuhnya dapat dihilangkan. Pigmentasi bisa menyamarkan stretch marks, namun stretch marks tidak bisa benar-benar hilang kecuali Anda melakukan operasi plastik.

Muncul di mana saja

Satu yang pasti adalah stretch marks bisa muncul di mana saja. Mulai dari siku, pinggang, payudara, paha dan lain-lain.

Gatal luar biasa

Salah satu fakta mengenai stretch marks adalah terkadang guratan ini bisa menimbulkan gatal yang hebat. Gejalanya pun berbeda-beda setiap orang, biasanya muncul diawali dengan guratan keunguan, akhirnya menjadi agak mengkilap dan biasanya menimbulkan gatal.

Diet dan olahraga teratur dapat turunkan berat badan secara cepat

Stretch marks tidak bisa hilang dengan diet.

Menunjukkan gejala penyakit

Ternyata stretch marks juga bisa mengindikasikan bahwa ada yang tidak beres di dalam tubuh Anda. Beberapa penyakit seperti Cushing's syndrome dan Marfan's syndrom biasanya mengganggu kestabilan hormon dan protein sehingga membuat kulit menjadi lemah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya